Ekonomi

Cara Sederhana Wabup Banyuwangi Motivasi Pelaku Usaha Kecil di Masa Pandemi

Sabtu, 11 September 2021 - 07:21 | 49.55k
Wakil Bupati Banyuwangi, H Sugirah, S Pd, M Si alias Pakde Sugirah, saat santap makan diwarung pelaku usaha kecil. (Foto: Dokumentasi TIMES Indonesia)
Wakil Bupati Banyuwangi, H Sugirah, S Pd, M Si alias Pakde Sugirah, saat santap makan diwarung pelaku usaha kecil. (Foto: Dokumentasi TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Apa yang dilakukan Wakil Bupati atau Wabup Banyuwangi, H Sugirah, S Pd, M Si, ini patut untuk ditiru. Pakde Sugirah, sapaannya, memiliki kebiasaan yang sederhana namun cukup membekas di kalangan pelaku usaha kecil Kabupaten Banyuwangi, khususnya di tengah masa sulit Covid-19.

Ya, setiap usai menjalankan tugas pengabdian turun ke masyarakat, tak lupa Pakde Sugirah mampir di lapak usaha kecil. Pedagang buah, warung kopi, warung santap berat dan lainnya.

Tujuannya cukup sederhana. Untuk berbelanja, menyapa, sekaligus memberi motivasi kalangan Wong Cilik untuk terus bersemangat mengais rezeki di tengah keterpurukan ekonomi masa pandemi.

Ya, seperti yang dilakukan pada Jumat (10/9/2021). Wabup Banyuwangi terlihat sedang makan di salah satu warung pinggir jalan di daerah Kecamatan Kabat. Warung penyaji santap berat dengan menu andalan tahu walik. Sebuah makanan yang cukup favorit di ujung timur pulau Jawa.

H Sugirah b

"Rasanya nikmat, tak kalah dengan restoran," ucap Wabup Sugirah kepada TIMES Indonesia, Sabtu (11/9/2021).

Sebagai orang nomor 2 di Bumi Blambangan, Sugirah memang tak seperti pejabat kebanyakan. Kader militan PDI Perjuangan tersebut nampak luwes di mana pun berada. Bahkan ketika menjadi pembeli di warung milik warga.

Persis seperti pengunjung warung kebanyakan. Dia tak pernah minta dilayani secara khusus. Yang ada Pakde Sugirah malah berbaur tanpa sekat dengan pembeli lainnya. Di tengah obrolan, barulah pengagum Bung Karno ini memberikan motivasi kepada masyarakat dan pelaku usaha kecil pemilik warung.

"Kita ajak masyarakat dan pelaku usaha kecil untuk terus mematuhi protokol kesehatan. Berjuang bersama agar pandemi segera berakhir dan perekonomian kembali pulih, ungkapnya.

Sesuai arahan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, masih kata Pakde Sugirah, di masa pandemi kehadiran pemimpin di tengah masyarakat sangat dibutuhkan. Bukan hanya untuk memberikan motivasi. Tapi juga untuk mendengar keluh kesah, saran dan kritik.

"Di masa pandemi, masyarakat sangat membutuhkan solusi untuk menjaga tumbuh kembang perekonomian," ujar mantan anggota DPRD Banyuwangi, tiga periode ini.

Sebagai Wakil Bupati yang berlatar belakang Wong Tani Tulen, Pakde Sugirah sangat memahami apa yang dirasakan kalangan masyarakat kecil. Karena itu pula sang Wabup Banyuwangi lebih memilih lapak pelaku usaha kecil untuk jujugan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Terutama di sela kesibukan mengabdi turun ke masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES