Kesehatan

4 Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Sabtu, 11 September 2021 - 05:23 | 100.52k
Buah salak. (FOTO: Pinterest)
Buah salak. (FOTO: Pinterest)

TIMESINDONESIA, JAKARTABuah salak adalah salah satu buah yang tentu sudah akrab di masyarakat Indonesia. Buah dengan kulit luar memiliki sisik kecil dan tajam ini punya rasa asam manis dengan ukuran biji buah yang cukup besar di dalamnya. Seperti buah pada umumnya, salak juga dapat bermanfaat untuk tubuh. Seperti dilansir Hello Sehat, berikut manfaat buah salak untuk kesehatan.

1. Kandungan seratnya baik untuk pencernaan

Buah salak adalah salah satu buah yang mengandung nutrisi padat  terdiri dari kalsium, tanin, saponin, flavonoid dan beta karoten. Karena beberapa nutrisi tersebut, buah salak memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.

Contohnya, kandungan tanin yang berfungsi sebagai obat anti diare. Tanin juga bisa mengatasi gangguan pencernaan lainnya. Disarankan untuk mengonsumsi buah salak bersamaan dengan kulit halusnya (epidermis) guna mencegah sembelit.

2. Meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh

Buah bersisik yang padat nutrisi ini mampu membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kandungan antioksidan pada buah salak dapat membantu memerangi kerusakan sel dan jaringan tubuh.

Lalu, buah salak juga mengandung zat beta karotene. Beta karoten merupakan antioksidan yang baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular, stroke, dan bahkan kanker.

3. Bisa menjaga berat badan seimbang

Kandungan serat dan antioksidan pada buah salak ternyata juga baik untuk asupan diet. Ya. Kalau Anda bosan makan pisang atau alpukat untuk camilan diet, kenapa tidak mencoba ngemil salak? Serat pada asupan buah salak mampu membuat perut kenyang lebih lama. Terlebih lagi, salak juga kaya akan kandungan kalsium dan karbohidrat. Ini menjadikan salak sebagai camilan yang pas untuk mendukung kebutuhan energi tubuh saat diet.

4. Menjaga kesehatan jantung

Nah, yang manfaat buah salak yang terakhir ini baik untuk menjaga kesehatan kardiovaskular tubuh. Salak yang terdiri dari kandungan kalium, antioksidan dan mineral berfungsi untuk mengatur kesehatan jantung dan pembuluh darah.
Salah satu fungsi kalium adalah untuk membantu mengirimkan impuls saraf yang memengaruhi detak jantung. Asupan kalium yang cukup sangat penting bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, gagal jantung, atau masalah pada detak jantung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES