Gaya Hidup

Tips Ampuh Hilangkan Kerutan di Wajah

Sabtu, 11 September 2021 - 00:45 | 69.14k
ILUSTRASI - Mengatasi kerutan wajah. (FOTO: Womantalk)
ILUSTRASI - Mengatasi kerutan wajah. (FOTO: Womantalk)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKerutan di wajah merupakan proses alami seiring bertambahnya usia. Meski merupakan hal wajar dan alami, banyak yang menganggap munculnya kerutan ini sebagai hal yang mengganggu penampilan. Tenang saja, ada sejumlah trik sederhana yang bisa dilakukan untuk menguranginya atau menghilangkannya. Dengan catatan, Anda harus melakukan secara rutin dan telaten setiap hari. Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut tips menghilangkan kerutan di dahi.

1. Senam Dahi

Berbaringlah terlentang. Dengan mata terbuka, tempatkan tangan Anda di dahi sehingga ujung-ujung semua jari saling berhadapan, kemudian gerakkan alis dan kelopak mata ke atas. Tahan posisi ini selama 5 detik. Senam ini bermanfaat bagi otot-otot dahi dan menahan alis, membantu mengurangi keriput di area tersebut. Dengan menempatkan tangan di dahi, Anda dapat mengurangi tampilan garis halus ketika Anda menaikkan alis.

2. Pijat Wajah

Pijat wajah dengan cepat untuk beberapa menit dapat menghasilkan kulit yang kencang. Fokuskan pijatan pada kelenjar getah bening untuk mengangkat kelebihan air dari wajah. Ulangi senam wajah secara teratur untuk mencapai hasil terbaik.

3. Perhatikan Asupan Makanan

Agar kulit senantiasa sehat dan terhindar dari penuaan dini, Anda perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak antioksidan. Pasalnya, antioksidan membantu menghilangkan radikal bebas dan memperbanyak kolagen di kulit. Beberapa makanan yang kaya antioksidan seperti buah citrus, buah berry, sayur-sayuran berwarna hijau gelap, dan lain sebagainya.

4. Perawatan Kulit di Klinik Kecantikan

Jika Anda ingin hasil yang cepat, Anda bisa melakukan perawatan di klinik kecantikan. Ada tiga jenis perawatan yang bisa Anda lakukan guna mendapatkan kulit wajah yang kencang dan awet muda, yaitu botoks, face lift, dan dermabrasi. Namun, Anda hanya boleh menjalani perawatan ini di klinik-klinik yang sudah terpercaya dan punya reputasi baik.

5. Pakai Krim

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi dan menghilangkan kerutan di dahi adalah dengan menggunakan krim pengencang kulit tertentu. Pasalnya, dalam krim pengencang kulit banyak mengandung esktrak rumput laut, keratin, dan vitamin E yang baik untuk kulit Anda. Selain itu, krim pengencang wajah  juga biasanya berguna untuk melembapkan dan menutrisi sel-sel kulit di leher dan dahi.

6. Cukup Tidur

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa kebiasaan begadang akan membuat Anda terlihat 10 tahun lebih tua dari usia asli Anda. Penelitian-penelitian ini juga menyebutkan bahwa orang yang tidak cukup tidur berpotensi untuk mempunyai kerutan di wajah lebih banyak dibandingkan dengan orang yang tidur dengan cukup. Oleh karena itu, usahakan untuk setidaknya tidur selama enam sampai delapan jam setiap malam.

7. Perbanyak Minum Air Putih

Memenuhi asupan cairan dengan banyak minum air putih ternyata tidak hanya sekedar mencegah tubuh dari dehidrasi saja. Pasalnya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Leeds University, Skotlandia pada tahun 2008 lalu menunjukan bahwa pengonsumsian air mineral setiap harinya dapat mengurangi keriput pada wajah sebanyak 25 persen.

8. Menggunakan Lap Basah

Menepuk-nepuk bagian kerutan dengan menggunakan lap basah ternyata juga cukup efektif untuk menghilangkan kerutan di wajah. Caranya basahi kain lembut dengan air hangat, kemudian tepuk-tepuk di bagian bawah mata ataupun dahi. Usahakan bagian keriput semuanya sudah ditepuk-tepuk secara merata. Cara ini sangat efektif dilakukan sebelum kamu tidur dan setelah bangun pada pagi harinya (sebelum beraktivitas). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES