Peristiwa Nasional

Blusukan ke Papua, Gus Menteri Optimis Desa Bisa Bangun Dirinya Sendiri

Jumat, 10 September 2021 - 23:32 | 50.81k
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Mendes PDTT RI) Abdul Halim Iskandar (foto: Dokumen/Kemendes)
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Mendes PDTT RI) Abdul Halim Iskandar (foto: Dokumen/Kemendes)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Mendes PDTT RI) Abdul Halim Iskandar alias Gus Menteri mengungkapkan, setelah mengunjungi beberapa desa di wilayah Papua ia mengaku semakin optimis bahwa desa bisa mandiri.

Dia menjelaskan, mandiri yang dimaksud adalah dapat membangun dirinya sendiri, bisa menggunakan dana desa maupun pendapatan dari BUMDes dan BUMDesma masing-masing.

"Dari Kabupaten Keerom ini, saya nyatakan bahwa desa bisa membangun untuk dirinya sendiri," kata Gus Menteri saat mengunjungi Kampung Yuwanain, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Jumat (10/9/2021).

Gus Menteri ke papua 2

Hal tersebut telah dibuktikan oleh beberapa Kampung -sebutan Desa di Papua- yang secara mandiri membangun desa dan transparan dalam memanfaatkan dana desa setiap tahunnya dengan cara dipublis di setiap depan kantor desa masing-masing.

Namun begitu, Gus Menteri mengingatkan agar pembangunan desa harus tetap mengedepankan adat dan budaya yang berada di desa masing-masing.

"Pembangunan tidak boleh bertentangan dengan akar budaya setempat, bertumpu pada akar budaya masyarakat setempat, karena itu lah Indonesia," ujarnya 

Sebelumnya, Gus Menteri didampingi sang istri, Lilik Umi Nasriyah juga mengunjungi Balai Latihan Masyarakat (BLM) Jayapura dan Kampung Skouw Sae, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES