Olahraga

Finalis AS Terbuka 2021, dari Non Unggulan Hingga Masih Remaja

Jumat, 10 September 2021 - 20:26 | 54.56k
Petenis asal Inggris, Emma Raducanu yang masih berumur 18 tahun (FOTO: BBC/Getty Image)
Petenis asal Inggris, Emma Raducanu yang masih berumur 18 tahun (FOTO: BBC/Getty Image)

TIMESINDONESIA, JAKARTAAS Terbuka 2021 membuat kejutan setelah di final hari Sabtu besok akan saling berhadapan petenis remaja, Emma Raducanu (18) dan Leylah Fernandez (19).

Emma Raducanu, remaja asal Inggris yang sedang meroket ini mencapai final AS Terbuka setelah mengalahkan petenis Yunani, Maria Sakkari di New York dengan straitght-set 6-1 dan 6-4.

Sedangkan Leylah Fernandez, remaja asal Kanada ini  mengamankan dirinya di final setelah di semi final mengalahkan petenis Belarusia, Aryna Sabalenka dengan 7-6 (7-3), 4-6 dan 6-4.

Emma Raducanu adalah pemain kualifikasi pertama yang mencapai final Grand Slam.

Ia juga menjadi wanita Inggris pertama yang mencapai final AS Terbuka tunggal utama setelah 44 tahun.

"Waktu di New York telah berlalu begitu cepat, saya telah mengurusnya setiap hari dan tiga minggu kemudian saya berada di final. Saya benar-benar tidak percaya," kata Raducanu.

Leylah FernandezLeylah Fernandez, 19, yang akan menghadapi Emma Raducanu di final AS Terbuka. (FOTO: BBC)

Setelah melalui tiga pertandingan kualifikasi untuk mencapai babak utama, dia belum kehilangan satu set pun dalam sembilan pertandingannya di Flushing Meadows.

Ini merupakan turnamen Grand Slam kedua bagi Raducanu dan acara tingkat tur keempat dalam karirnya.

Raducanu juga finalis Grand Slam Inggris termuda dalam 62 tahun terakhir, sejak Christine Truman mencapai final Prancis Terbuka pada usia 18 tahun pada 1959

Ia juga wanita Inggris pertama yang mencapai final di AS Terbuka dalam 53 tahun terakhir, mengikuti jejak Virginia Wade pada tahun 1968 Raducanu juga wanita Inggris keempat yang mencapai final Grand Slam di era Terbuka

Sebelum dia melaju ke babak 16 besar Wimbledon awal musim panas ini, Raducanu berada di peringkat 336 dunia.

Sementara itu Leylah Fernandez sebenarnya tidak diunggulkan. Tetapi peringkat 73 ini telah mengalahkan juara bertahan, Naomi Osaka dan unggulan kelima Elina Svitolina.

Ketangguhan mental saya datang dari bertahun-tahun kerja keras dan darah. Pengorbanan di dalam dan di luar lapangan," kata Fernandez.

"Saya hanya benar-benar ingin berada di final. Saya berjuang untuk setiap poin," katanya lagi

Leylah Fernandez menunjukkan ketahanan yang luar biasa setelah mengalami break di awal set pertama dan melihat Sabalenka langsung menghapus break di set terakhir.

Kedua petenis dunia yang masih berumur remaja itu, Emma Raducanu dan Leylah Fernandez, Sabtu (11/9/2021) besok akan berhadapan di final AS Terbuka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES