Pemerintahan

Desa Gegesik Kulon Cirebon Masuk Dalam 50 Desa Wisata Indonesia

Jumat, 10 September 2021 - 12:40 | 97.02k
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bersama Bupati Cirebon Imron. (Foto: Dokumentasi Humas Pemkab Cirebon)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bersama Bupati Cirebon Imron. (Foto: Dokumentasi Humas Pemkab Cirebon)

TIMESINDONESIA, CIREBONAnugerah Desa Wisata Indonesia  (ADWI) tahun 2021 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kemenparekraf RI.

Pada tahun ini, Desa Gegesik Kulon, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Jawa Baeat masuk dalam Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat berkunjung ke Desa Gegesik Kulon Kabupaten Cirebon, pada Kamis (9/9/2021).

Ekonomi Kreatif b

Menurutnya, event ini bertujuan menjadikan Desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi. Dan masuknya Desa Gegesik Kulon adalam even (ADWI) ini karena Desa tersebut dinilai bisa mempertahankan potensi pariwisata dan kebudayaan melalui kearifan lokal masyarakatnya. 

"Alhamdullilah Desa Gegesik Kulon masuk kategori 50 Desa Wisata Indonesia," ujarnya, Jumat (10/9/2021).

Sandiaga Uno atau Ki Menteri julukan dari warga Gegesik Kulon mengatakan, dengan ditetapkannya Gegesik Kulon sebagai salah satu Desa Wisata Indonesia bisa membuat perubahan yang cukup besar di daerah tersebut. 

Dikatakan Sandi, ini merupakan fenomena kebangkitan masyarakat, khususnya Gegesik Kulon dalam menopang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sehingga ke depan bisa membuka  lapangan pekerjaan sebesar-besarnya bagi masyarakat.

Kendati tidak mempunyai potensi alam, akan tetapi bentuk kearifan lokal yang terjaga dengan baik, membuat Desa Gegesik Kulon menjadi salah satu desa budaya yang patut dipersandingkan di tingkat nasional.

Ekonomi Kreatif c

"Dengan mengusung tema "Indonesia Bangkit” diharapkan dapat mendorong semangat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata untuk kembali bangkit pasca pandemi Covid-19," paparnya.

Sementara itu, Bupati Cirebon Imron berterimakasih karena Desa Gegesik Kulon masuk dalam 50 Desa Wisata Indonesia. Karena kata dia, Kabupaten Cirebon merupakan basis budaya dan pariwisata. 

"Budaya di Gegesik ini sudah ada sejak lama, dan generasi mudanya juga ikut melestarikan kebudayaan yang ada di daerahnya," jelas Imron.

Ia meminta kepada Menparekraf Sandiaga Uno untuk ikut membantu Pemerintah Kabupaten Cirebon dalam pembangunan di sektor pariwista. "Banyak sektor pariwisata di Kabupaten Cirebon, baik wisata alam batik dan lainnya. Namun sayangnya belum maksimal dalam pengelolaan," pungkas Imron.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES