Glutera News

8 Manfaat Glucosamine bagi Kesehatan

Jumat, 10 September 2021 - 09:38 | 273.55k
Image: Glutera for TIMES Indonesia.
Image: Glutera for TIMES Indonesia.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selain diproduksi secara alami dalam tubuh, glucosamine juga bisa didapat dengan meminum suplemen. Karena sejak usia diatas 20 tahun jumlah glucosamine dalam tubuh mulai berkurang.

Suplemen yang mengandung glucosamine adalah salah satu jenis suplemen yang biasanya digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan sistem gerak, seperti nyeri sendi, arthritis, dan masih banyak lagi. 

Namun, apakah Anda tahu sebenarnya tubuh memproduksi glucosamine secara alami? Nah, untuk mengetahui lebih dalam mengenai manfaat glucosamine dalam tubuh, simak penjelasan berikut ini.

Apa itu glucosamine? 

Sebagian besar orang mungkin lebih mengenal glucosamine sebagai sebuah suplemen. Akan tetapi, glucosamine ternyata zat kimia yang dapat Anda temukan dalam tubuh.

Ya, zat kimia ini merupakan komponen penyusun tulang rawan, jaringan yang menjadi bantalan sendi. Selain itu, glucosamine juga bisa Anda temukan di sekitar persendian tubuh.

Manfaat glucosamine adalah memperlambat kerusakan dan membangun kembali tulang rawan. Tak heran, glucosamine juga bisa mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan sistem gerak.

Manfaat kesehatan dari glucosamine. Kandungan glucosamine dalam tubuh dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, seperti berikut ini:

1. Membantu mengatasi osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan salah satu jenis radang sendi yang terjadi saat tulang rawan yang menjadi bantalan sendi mengalami kerusakan atau terkikis seiring waktu.

Biasanya, kondisi tersebut lebih sering terjadi saat Anda memasuki usia lanjut. Alhasil, jika mengalami kondisi ini, Anda akan merasakan sakit pada area yang terdampak.

Biasanya, kondisi ini sering terjadi pada lutut dan pinggul.

Nah, glucosamine memiliki manfaat untuk membantu mengatasi kondisi ini. Kadar glucosamine yang memadai dalam tubuh dapat memperlambat kerusakan tersebut.

Untuk meningkatkan kadar glucosamine dalam tubuh, Anda bisa mengonsumsi suplemen atau makanan yang kaya akan zat tersebut.  Akan tetapi, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai hal ini.

Selain itu, para ahli masih perlu melakukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini. Pasalnya, penelitian yang sudah ada masih menunjukkan hasil yang bervariasi mengenai penggunaan glucosamine dalam mengatasi osteoarthritis.

2. Mengatasi sakit lutut

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, glucosamine dapat memberikan manfaat terhadap berbagai gangguan sistem gerak. Nah, salah satunya adalah membantu mengatasi rasa sakit pada lutut.

Umumnya, para atlet mengalami cedera lutut sehingga lutut terasa sakit. Untuk mengatasinya, Anda bisa meningkatkan asupan glucosamine dengan mengonsumsi suplemen atau makan seafood yang mengandung zat ini.

Jika ingin menambah asupan glucosamine dari makanan atau suplemen, pastikan bahwa Anda tidak memiliki alergi terhadap makanan laut. Hal ini penting karena suplemen glucosamine pun terbuat dari seafood.

Gluera-Coll.jpg

3. Mengatasi Kashin-Beck disease

Anda mungkin baru pertama kali mendengar tentang salah satu jenis gangguan muskuloskeletal ini. Biasanya, penyakit ini menyerang tulang dan sendi pada jemari tangan, siku, lutut, dan pergelangan kaki.

Kondisi ini tergolong sering terjadi pada anak dan remaja, tetapi mungkin juga terjadi pada orang dewasa. Kashin-Beck disease biasanya ditandai dengan kekakuan sendi dan tulang kaki yang memendek.

Akan tetapi, kondisi ini juga terjadi pada orang yang memiliki tubuh pendek akibat berhentinya pertumbuhan tulang dan tulang rawan pada persendian.

Glucosamine memiliki manfaat untuk meredakan rasa sakit akibat penyakit ini. Tak hanya itu, glucosamine juga bisa meningkatkan fungsi fisik pasien dewasa yang mengalami kondisi tersebut.

4. Mengatasi berbagai masalah kesehatan lain

Menurut Medline Plus, glucosamine juga memberikan manfaat dalam menangani berbagai masalah kesehatan lainnya. Meski demikian, Anda tetap perlu mencari informasi lebih lanjut dan berkonsultasi dengan dokter.

Berikut adalah beberapa kondisi kesehatan yang mungkin teratasi dengan glucosamine, gepresi, penyakit jantung, Stroke, diabetes, hiperlipidemia atau kolesterol tinggi, serta masalah penuaan kulit.

5. Peradangan saluran kemih (interstitial cystitis)

Obat glukosamin dipakai sebagai pengobatan untuk peradangan saluran kemih akibat tubuh kekurangan glikosaminoglikan. Hal ini dilakukan karena glukosamin sendiri merupakan bagian dari senyawa glikosaminoglikan.

6. Radang usus (Inflammatory Bowel Disease)

Seperti halnya interstitial cystitis, radang usus seringkali dikaitkan dengan kurangnya senyawa glikosaminoglikan. Meskipun penelitian yang mendukung gagasan ini masih sangat sedikit, percobaan pada tikus dengan IDB menunjukkan bahwa glukosamin dapat mengurangi peradangan.

7. Multiple sclerosis

Beberapa sumber mengklaim bahwa glukosamin adalah pengobatan yang ampuh untuk mengatasi multiple sclerosis (MS). Multiple sclerosis sendiri adalah penyakit autoimun yang menyerang susunan saraf pusat di otak maupun saraf tulang belakang. 

Sebuah studi menunjukkan dampak penggunaan glukosamin sulfat yang dibarengi dengan terapi tradisional. Hasilnya, pengobatan itu membuat tingkat kekambuhan dan perkembangan penyakit tidak meningkat secara signifikan.

8. Kerusakan saraf mata (glaukoma)

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa glukosamin sulfat mampu meningkatkan kesehatan mata. Hal ini terjadi karena glukosamin mengurangi peradangan dan efek antioksidan di retina. Namun, penelitian lain menyebut bahwa asupan glucosamine yang berlebihan dapat memperburuk kerusakan saraf pada mata.

Everything You Want to Know About Rheumatoid Arthritis.

Be Everlasting with Glutera 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES