Tekno

Optimasi Sistem HRD untuk Peningkatan Kinerja Perusahaan

Kamis, 09 September 2021 - 07:17 | 20.78k
Optimasi Sistem HRD untuk Peningkatan Kinerja Perusahaan
FOTO: gamatechno
Editor: Deasy Mayasari

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Human resource development atau yang lebih populer dengan sebutan HRD merupakan suatu divisi dalam perusahaan yang bertugas mengelola karyawan. Dimulai dari hal yang mendasar mengenai segala yang berhubungan dengan data diri karyawan hingga berbagai keuntungan yang mereka dapatkan.

HRD pada umumnya dapat dijumpai di setiap pelaku bisnis berapapun skalanya. HRD akan membantu para pelaku bisnis dalam memudahkan pengelolaan karyawan menuju visi misi perusahaan yang mereka rintis. Untuk itulah sistem HRD sangat diperlukan dalam konteks ini.

human-resource-i.jpg

Dengan kompleksitas yang rumit yang dihadapi HRD, tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. Hal tersebut bukan berarti akan menjadi sulit dilakukan, namun dengan adanya sistem HRD yang baik akan sangat membantu peran HRD di perusahaan.

Keberadaan sistem HRD akan membantu memudahkan HRD untuk menjalankan tugasnya sehari-hari. Tidak hanya itu, dengan adanya sistem HRD yang terintegrasi maka akan memudahkan perusahaan mencapai visi misinya secara akurat dan tervalidasi.

Apa itu Sistem HRD?

Sistem HRD merupakan suatu sistem yang terintegrasi secara sempurna menggunakan software maupun aplikasi berbasis HRIS. Sistem HRD sangat populer tidak hanya di kalangan perusahaan berkembang melainkan pada sektor perusahaan besar berskala internasional. 

Sistem HRD pada umumnya memberikan platform yang mudah, efektif, dan efisien. Itulah mengapa dalam mengelola karyawan dengan jumlah yang besar, sistem HRD sangat diperlukan keberadaannya.

Sistem HRD memberikan waktu yang singkat terhadap para HRD dalam menyelesaikan pekerjaannya termasuk dalam absensi karyawan, perubahan jadwal shift kerja, payroll, bonus tahunan, tunjangan, hingga  cuti dan pemotongan pajak-pajak karyawan.

Sistem HRD memberikan fitur yang terintegrasi dengan baik untuk kepentingan karyawan dan perusahaan secara berdampingan. Hal tersebut tentunya akan memberikan dampak positif yang signifikan terhadap hak dan kewajiban, baik untuk karyawan maupun perusahaan.

Mengapa Harus Sistem HRD?

Bayangkan jika HRD harus melakukan pembukuan payroll, cuti, ijin atau sakit, klaim reimbursement, tunjangan, bonus tahunan, dan potongan pajak-pajak karyawannya dalam satu waktu. Dibandingkan dengan dilakukan secara manual tentu saja akan lebih baik apabila menggunakan sistem HRD bukan?

Begitu pentingnya sistem HRD di suatu perusahaan dengan tujuan tercapainya keselarasan visi dan misi perusahaan. Sayang sekali jika sistem ini tidak dijalankan. Tidak hanya akan menghancurkan pola kinerja karyawan, melainkan juga akan berdampak signifikan terhadap produktivitas dan keuntungan perusahaan.

Untuk itulah mengapa penggunaan sistem HRD sangat dibutuhkan. Urgensi terhadap sistem ini sebenarnya tidak dapat diganggu gugat demi tercapainya keuntungan yang signifikan atas kinerja karyawan melalui pengelolaan karyawan yang sempurna.

Berbagai penelitian telah terbukti bahwa melalui pengelolaan karyawan yang baik akan meningkatkan performa dan produktivitas karyawan. Untuk itulah penggunaaan sistem HRD membantu mendukung perusahaan dalam mencapai produktivitas karyawan dalam jangka waktu yang lama.

Bagaimana Optimalisasi Sistem HRD?

Pertanyaan yang sering muncul ketika akan menggunakan sistem HRD adalah mengenai optimalisasi kinerjanya. Sudah seringkali disebutkan bahwa sistem HRD akan membantu HRD mengelola karyawan dengan mudah, akurat, efektif, dan efisien.

human-resource.jpg

Lalu, bagiamana pengoptimalisasiannya agar sistem HRD benar-benar mampu mendukung produktivitas karyawan? Pada dasarnya sistem HRD akan memberikan kebebasan lebih baik bagi karyawan maupun perusahaan. Sistem HRD yang terintegrasi dengan baik berdasarkan software HRIS akan membantu mengoptimalkan kinerja karyawan.

Melalui evaluasi yang tepat dan akurat oleh HRD melalui sistem HRD yang mereka miliki, perusahaan akan mampu berbuat lebih untuk karyawannya. Mereka akan lebih termotivasi untuk memberikan apresiasi yang adil terhadap karyawan berdasarkan data yang mereka peroleh. 

Artinya, sistem HRD akan memberikan banyak peluang bagi karyawan untuk mengoptimalkan kemampuan dan performa mereka terhadap perusahaan. Berbagai fitur yang dihadirkan oleh sistem HRD ini tentunya akan berdampak signifikan terhadap optimalisasi keuntungan perusahaan bukan?

Tidak hanya itu saja, sistem HRD memberikan berbagai kemudahan dalam menciptakan bibit-bibit unggul karyawan di perusahaan mulai dari nol. Bagaimana tidak, proses rekrutmen yang dilakukan HRD haruslah terintegrasi secara tepat, akurat, dan sesuai sasaran. 

Sistem HRD akan membantu HRD dalam memilih talenta unggul yang mumpuni dan tentu saja mampu bersaing dengan tantangan dalam pekerjaannya. Melalui sistem HRD, akan lebih mudah memilih dan menentukan calon karyawan yang sesuai dengan visi misi perusahaan.

Sistem HRD akan memberikan pelatihan-pelatihan khusus bagi karyawan agar tercipta sumber daya yang mampu berinovasi dalam jangka waktu yang lama. Dalam hal ini tentunya dibutuhkan keahlian khusus dari sistem HRD dalam memberikan pelatihan yang tepat dengan berbagai metode yang dibutuhkan.

Dengan demikian, dukungan penuh dari perusahaan melalui pengelolaan karyawan yang baik menggunakan sistem HRD tentunya memberikan dampak yang signifikan bukan? 

Dampak Sistem HRD

Sistem HRD yang terintegrasi dengan baik tentunya akan memberikan dampak yang signifikan dibandingkan dengan tidak menggunakannya sama sekali. Hal ini akan berbeda mengingat begitu detailnya setiap langkah yang diambil menggunakan sistem HRD dalam pengembangan sumber daya manusia.

Sistem HRD tidak akan meninggalkan jejak yang berpotensi negatif dalam kaitannya dapat menghancurkan reputasi perusahaan. Keamanan data yang terjamin dengan sistem teknologi berbasis software HRIS yang canggih membuat keamanan data terjamin dari berbagai ancaman luar.

Hal tersebut tentunya memberikan dampak psikologis yang baik baik para karyawan. Mereka akan lebih sedikit mengalami kecemasan tentang kebocoran data yang berhubungan dengan berbagai hal pribadi yang tidak seharusnya tersebar ke berbagai pihak yang tidak berkepentingan.

Berkurangnya kecemasan tersebut akan membuat karyawan mampu menghadapi hari mereka dengan lebih percaya diri menghadapi pekerjaan yang mereka geluti. Sistem HRD akan membantu memonitor perilaku karyawan sehingga dapat dilakukan pencegahan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan, baik secara psikologis maupun psikis.

Selain itu, sistem HRD juga mampu membantu karyawan dalam mengelola kinerja mereka masing-masing. Dengan adanya informasi evaluasi yang disampaikan secara langsung terhadap karyawan, dapat dijadikan hal dasar untuk mendapatkan pelatihan khusus maupun reward yang tepat.

Pembayaran gaji dan berbagai tunjangan terkadang memberikan dampak yang signifikan bagi para karyawan. Untuk itulah sistem HRD membantu perusahaan melakukan tugas yang tepat tanpa mengurangi hak dan kewajibannya terhadap karyawan.

Dengan terjaminnya fasilitas yang diterima karyawan melalui sistem HRD, tentunya hal tersebut memberikan dampak yang positif dalam peningkatan kinerja dan produktivitas. Dengan demikian maka keuntungan yang diperoleh perusahaan pun dapat lebih terjamin pencapaiannya.

Pemilihan Sistem HRD

Memilih sistem HRD yang tepat terkadang membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit.

Pemilihan yang asal-asalan bisa saja merugikan perusahaan dan karyawan sehingga harus lebih hati-hati dalam pemilihannya. Demi pencapaian yang lebih baik tentunya hal ini diperlukan sehingga tidak akan terjadi masalah di kemudian hari.

Berikut terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan memilih menggunakan sistem HRD

1.    Sumber Daya Manusia

Meskipun sistem HRD terlahir dengan sistem yang mudah dipahami secara umum, namun tetap harus mempertimbangkan sumber daya manusia yang akan mengelola sistem tersebut. Terlebih lagi ketika hal tersebut dilakukan dengan melakukan perubahan dari sistem manual ke digital yang lebih canggih.

Sumber daya manusia yang tidak mampu beradaptasi dengan perubahan globalisasi di dunia kerja tentunya akan kesulitan menghadapi perubahan apapun, termasuk menghadapi sistem HRD. Meskipun terbilang mudah, nyatanya dalam menggunakan sistem ini dibutuhkan pelatihan melalui demo yang tersedia.

Lain halnya dengan sumber daya manusia yang mudah beradaptasi dengan perubahan. Mereka akan lebih mudah menyerap setiap detil langkah yang tertera pada sistem HRD. Hal ini tentunya akan memudahkan perusahaan dalam menentukan sumber daya yang tepat untuk mengelola karyawannya melalui sistem HRD yang tepat pula.

2.    Kebutuhan Sistem

Kebutuhan sistem yang tersedia di perusahaan juga diperlukan dalam mendukung berjalannya sistem HRD. Mengapa? Pada umumnya sistem HRD menerapkan program kerja lama mereka ke dalam sistem HRD yang baru. 

Dengan adanya pembaruan tersebut tentunya dibutuhkan sistem yang tepat untuk disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dalam menjalankan sistem HRD. Pengenalan yang tepat sebelum menggunakan sistem ini juga diperlukan mengingat tidak semua sumber daya manusia mampu menerima perubahan.

Kaitannya dengan hal tersebut tentunya dibutuhkan beberapa ahli sumber daya yang mampu menentukan fitur yang tepat atas sistem HRD yang akan dipilih. Jika salah memilih fitur, tentu saja akan berdampak terhadap perkembangan bisnis di perusahaan. 

Hal lain yang perlu dipertimbangkan juga mengenai apakah sistem HRD yang dibutuhkan itu bersifat cepat dan akurat atau sebaliknya. Akan lebih baik lagi dengan melakukan riset terhadap vendor yang mumpuni terkait sistem HRD yang akan dipilih.

Untuk itulah, menentukan kebutuhan sistem yang tepat sebelum memilih sistem HRD yang tepat sangat diperlukan. Melalui analisis dan survey yang tepat di lingkungan kerja, kiranya hal ini bukan menjadi halangan dalam menggunakan sistem HRD ke depannya.

3.    Jaminan Keamanan

Keamanan data menjadi hal yang sangat krusial bagi siapapun. Sistem HRD pada umumnya mengelola seluruh data penting pada setiap sumber daya manusia di perusahaan.

Tidak hanya berisi informasi dasar mengenai nama dan tanggal lahir karyawan, namun juga meliputi kehidupan finansial hingga kesehatan mereka. Mengingat pentingnya hal tersebut, diharapkan pemilihan sistem HRD juga harus diimbangi dengan sistem jaminan keamanan para karyawan.

Jaminan keamanan karyawan bagaimanapun juga merupakan bagian dari pentingnya pengelolaan karyawan yang baik di suatu perusahaan. Sistem HRD yang baik dan terpercaya keabsahannya tidak akan membocorkan data-data tersebut tanpa tanggung jawab.

Dengan demikian dibutuhkan pemilihan vendor sistem HRD yang memberikan jaminan keamanan bagi para penggunanya demi keamanan karyawan khususnya, dan perusahaan pada umumnya.

4.    Persiapkan Konfigurasi

Setelah menentukan sistem HRD yang tepat, sekarang saatnya untuk melakukan migrasi. Pengenalan sistem HRD sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari sehingga karyawan akan lebih mudah menerima kehadiran sistem ini.

Sebelum menentukan untuk mengalihkan sistem HRD dibutuhkan konfigurasi yang tepat dalam proses migrasinya. Semua data yang dibutuhkan sekiranya dapat dipersiapkan dengan baik sehingga memberikan kemudahan bagi HRD dalam melakukan tugasnya.

Kerjasama yang baik demi terciptanya keselarasan konfigurasi sistem HRD antara karyawan dan perusahaan juga tidak bisa dikesampingkan. Dengan adanya kerjasama yang baik, maka akan lebih mudah dalam melakukan proses migrasi ke sistem HRD.

Nah, sudah siap menggunakan sistem HRD? Tentukan sekarang!



Publisher : Rochmat Shobirin

EKORAN

TERBARU

  • Pantai Nanggelan, Surga Tersembunyi di Selatan Jember
    Pantai Nanggelan, Surga Tersembunyi di Selatan Jember
    23/09/2021 - 03:12
  • Kementerian PUPR RI: Lebih dari 300 Ribu Orang Peroleh Kerja lewat Program PKT Permukiman
    Kementerian PUPR RI: Lebih dari 300 Ribu Orang Peroleh Kerja lewat Program PKT Permukiman
    23/09/2021 - 02:31
  • Asyiknya Nikmati Senja di ASTON Sidoarjo City Hotel & Conference Center
    Asyiknya Nikmati Senja di ASTON Sidoarjo City Hotel & Conference Center
    23/09/2021 - 01:33
  • Masuki Musim Penghujan, Wisata Rafting di Banyuwangi Tambah Fasilitas Keamanan
    Masuki Musim Penghujan, Wisata Rafting di Banyuwangi Tambah Fasilitas Keamanan
    23/09/2021 - 00:31
  • Bank Jatim Sukseskan Program Vaksinasi hingga Pulau Bawean
    Bank Jatim Sukseskan Program Vaksinasi hingga Pulau Bawean
    22/09/2021 - 23:54

TIMES TV

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

01/04/2021 - 15:58

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi
Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo

Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo
Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan

Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan
The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • ”Bahasa” Orang Miskin
    ”Bahasa” Orang Miskin
    21/09/2021 - 15:55
  • Vaksin Dipacu, Wsbk Melaju
    Vaksin Dipacu, Wsbk Melaju
    21/09/2021 - 13:14
  • Menuju Pendidikan yang Berkualitas
    Menuju Pendidikan yang Berkualitas
    21/09/2021 - 12:55
  • Agama Cinta Gus Dudung Abdurrachman, Sang Jenderal Bernasab Sunan Gunung Jati
    Agama Cinta Gus Dudung Abdurrachman, Sang Jenderal Bernasab Sunan Gunung Jati
    21/09/2021 - 09:58
  • Mengenang Isa Hasanda Pendiri SBT, 12 Tahun Dari Bui ke Bui
    Mengenang Isa Hasanda Pendiri SBT, 12 Tahun Dari Bui ke Bui
    20/09/2021 - 17:51
  • Pengakaran Kembali Pancasila di Masyarakat
    Pengakaran Kembali Pancasila di Masyarakat
    20/09/2021 - 13:25
  • Sinergi Pelaku Pengadaan Publik Berkelanjutan Pasca Covid-19
    Sinergi Pelaku Pengadaan Publik Berkelanjutan Pasca Covid-19
    19/09/2021 - 16:30
  • Mengenal Gagal Jantung, Sebuah Kondisi Akhir dari Penyakit Jantung
    Mengenal Gagal Jantung, Sebuah Kondisi Akhir dari Penyakit Jantung
    18/09/2021 - 15:35

KULINER

  • Asyiknya Nikmati Senja di ASTON Sidoarjo City Hotel & Conference Center
    Asyiknya Nikmati Senja di ASTON Sidoarjo City Hotel & Conference Center
    23/09/2021 - 01:33
  • Berburu Lezat Gurih Es Kopi Susu Tetangga di Toko Kopi Tuku Surabaya
    Berburu Lezat Gurih Es Kopi Susu Tetangga di Toko Kopi Tuku Surabaya
    20/09/2021 - 05:30
  • Unik, Ada Bakso Berbentuk Rantai di Sidoarjo
    Unik, Ada Bakso Berbentuk Rantai di Sidoarjo
    20/09/2021 - 01:25
  • 154 Tempat Wisata di Jatim Sudah Buka, Perhatikan Hal Ini
    154 Tempat Wisata di Jatim Sudah Buka, Perhatikan Hal Ini
    19/09/2021 - 14:50
  • Kopi Degan, Sensasi Dua Rasa
    Kopi Degan, Sensasi Dua Rasa
    18/09/2021 - 15:11