Gaya Hidup

Mata Tetap Sehat Meski Sering Melihat Ponsel, Ini Caranya

Kamis, 09 September 2021 - 02:31 | 50.36k
ILUSTRASI - Menjaga kesehatan mata meski sering menggunakan gawai. (FOTO: DragonImages)
ILUSTRASI - Menjaga kesehatan mata meski sering menggunakan gawai. (FOTO: DragonImages)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pesatnya perkembangan dunia digital membuat banyak orang tidak bisa melepaskan diri dari gawai. Ketergantungan ini tentu menyimpan risiko, salah satu risikonya adalah kesehatan mata Anda.

Seperti organ penting lainnya, mata adalah salah satu organ yang juga harus Anda perhatikan kesehatannya.

Jika Anda tidak ingin sampai mengalami gangguan penglihatan gara-gara terlalu sering memakai ponsel, ada baiknya Anda menerapkan tips sehat berikut ini.

Atur Pencahayaan Layar

Jangan mengatur tingkat kecerahan layar dengan berlebihan karena bisa memicu tekanan berlebihan pada mata saat menatap ponsel. Posisikan layar ponsel agar tidak memantulkan cahaya sehingga kita bisa tetap melihatnya meskipun tingkat kecerahannya rendah.

Selain itu, pastikan untuk memakai penerangan yang cukup di dalam ruangan saat menggunakan ponsel di malam hari dan tidak menggunakannya di ruangan yang gelap.

Atur Waktu Istirahat

Seperti halnya tubuh yang membutuhkan istirahat untuk mengganti energi yang hilang, mata juga membutuhkan istirahat. Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah metode ‘20-20-20’, yaitu istirahatkan mata selama 20 detik dan dilakukan setiap 20 menit. Lihatlah sesuatu yang jaraknya berada sejauh 20 kaki dari Anda.

Selain itu, berkediplah sesering mungkin sebagai cara alami untuk mencuci mata. Selain dapat merusak mata, menatap layar kaca juga dapat mengurangi rasa kantuk, sehingga Anda akan sulit untuk tidur.

Perbesar Ukuran Teks

Tak usah malu dianggap seperti orang tua karena memperbesar ukuran teks layar ponsel. Kita melakukannya agar lebih mudah membaca berbagai pesan dan membuat beban mata dalam membaca tulisan pada layar ponsel berkurang. Hal ini bisa mencegah masalah penurunan penglihatan.

Atur Sudut Layar

Layar pada ponsel dapat membuat mata merasa silau dan pada akhirnya akan membuat mata Anda sakit. Atur posisi layar dengan tepat untuk menjaga kesehatan mata Anda. Posisi layar yang baik untuk kesehatan mata adalah 4-6 inci di bawah mata. Jika layar ponsel Anda masih terlihat silau, belilah lapisan anti silau untuk meredam cahaya dari gawai yang masuk ke mata. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES