Ekonomi

Disdagkop dan UKM Kabupaten Tegal Kembangkan Inovasi Bangkitkan UKM di Masa Pandemi

Rabu, 08 September 2021 - 23:28 | 42.85k
Kepala Disdagkop dan UKM Kabupaten Tegal, Suspriyanti saat memberikan penjelasan di ruang kerjanya, Rabu (8/9/2021). (Foto: Cahyo Nugroho/ TIMES Indonesia)
Kepala Disdagkop dan UKM Kabupaten Tegal, Suspriyanti saat memberikan penjelasan di ruang kerjanya, Rabu (8/9/2021). (Foto: Cahyo Nugroho/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TEGAL – Dinas Perdagangan Koperasi (Disdagkop) dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Tegal Jawa Tengah, meluncurkan berbagai program guna menumbuhkan motivasi para UKM untuk terus berkarya di tengah pandemi Covid-19. 

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil dengan memiliki pemasukan paling banyak Rp200 juta dengan jumlah pekerja di bawah 20 orang atau bahkan bisa perorangan. Namun seiring perjalanannya di masa pandemi saat ini dampaknya membuat sejumlah pelaku UKM gulung tikar

Menyikapi hal tersebut, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM, Suspriyanti dalam perbincangannya di ruang kerja, Rabu (8/9/2021) jalan Moh Yamin Raya Kudaile Slawi menerangkan, bahwa meski produk Usaha Kecil Menengah sudah merambah ke berbagai pusat perbelanjaan modern namun tetap akan diperluas ke setiap sudut pasar modern

"Kami sedang menjalin kerja sama dengan pihak Indomart agar produk Usaha Kecil Menengah dapat bersanding dengan produk berkelas lainnya," ujarnya. 

Lebih lanjut, Ia menjelaskan terkait kriteria pihaknya akan mengupayakan untuk menjembatani namun sebagai catatan para pelaku UKM harus mampu meningkatkan kualitas produknya, sehingga dapat sesuai dengan harapan, sambungnya. 

Memang tidak dipungkiri berbagai solusi dan inovasi diluncurkan untuk membantu perkembangan UKM di Kabupaten Tegal yang berjumlah ribuan ini, sehingga pihaknya harus bekerja ekstra membangkitkan usaha kecil menengah sekaligus memacu roda perekonomian usaha kecil.

Sedangkan dalam kondisi masa pandemi Disdagkop dan UKM juga membuka layanan peluang bisnis berbasis online yakni Segalengko, Dodolan Online (Dolan) bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Tegal guna membantu masyarakat memasarkan maupun mencari produk-produk berkualitas usaha kecil menengah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES