Peristiwa Internasional

Menteri Darurat Rusia Meninggal Saat Berusaha Menolong Juru Kamera

Rabu, 08 September 2021 - 21:48 | 62.44k
Yegveny Zinichev ikut serta dalam latihan dua hari melintasi Kutub Utara. (FOTO: BBC/Kementerian Darurat Rusia)
Yegveny Zinichev ikut serta dalam latihan dua hari melintasi Kutub Utara. (FOTO: BBC/Kementerian Darurat Rusia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bermaksud menolong seorang juru kamera yang jatuh dari tebing, Menteri Darurat Rusia, Yevgeny Zinichev, 55, justru meninggal dunia karena tubuhnya menghantam batu. Peristiwa tragis itu terjadi di tengah latihan besar pertahanan sipil Arktik di Norilsk.

Menurut Kepala Penyiar Rusia RT, Margarita Simonyan seperti dilansir di BBC, juru kamera yang juga seorang sutradara film, Alexander Melnik, 63, itu terjatuh dari tebing saat wawancara dengan Yevgeny Zinichev.

Wawancara itu dilakukan di tepi jurang. "Juru kamera terpeleset dan jatuh ke air," katanya.

Zinichev bergegas mengejar pria yang jatuh dan meninggal setelah menabrak batu yang menonjol. Juru kamera, Alexander Melnik itu juga meninggal.

Zinichev telah menjadi Menteri Darurat sejak tahun 2018 dan selama bertahun-tahun dilaporkan sebagai anggota kunci detail keamanan Presiden Rusia,  Vladimir Putin.

latihan Arktik skala besar

Sebagian besar karirnya dihabiskan di keamanan negara, dimulai dengan KGB Soviet dan akhirnya naik ke nomor dua di dinas keamanan federal Rusia pada tahun 2016.

Sebuah pernyataan Kremlin mengatakan bahwa Putin telah bekerja sama selama bertahun-tahun dengan Zinichev dan juru bicara Dmitry Peskov mengatakan itu adalah kerugian besar.

Melnik adalah seorang sutradara dan penulis skenario dan dikenal karena film petualangan Arktik 2015-nya,  Territory. Dia merencanakan sebuah film dokumenter tentang pengembangan Arktik dan Rute Laut Utara Rusia.

Media Rusia mengatakan mereka waktu itu sedang syuting film pelatihan di wilayah Krasnoyarsk untuk kementerian pada saat kecelakaan itu terjadi.

Latihan dua hari yang belum pernah terjadi sebelumnya ini diselenggarakan oleh departemen Zinichev dan membentang di Kutub Utara Rusia. Dia mengatakan pada hari Selasa bahwa "format, geografi dan unit yang terlibat adalah unik".

Mereka dilaporkan diperintahkan oleh Presiden Putin untuk mencegah situasi krisis di Kutub Utara dan melibatkan 6.000 spesialis yang menangani lusinan situasi darurat.

Sebelumnya, Menteri Darurat Rusia, Yevgeny Zinichev mengunjungi tim pencarian dan penyelamatan dan lokasi stasiun pemadam kebakaran baru di Norilsk. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES