Pendidikan Indonesia Herd Immunity

Jelang Pelaksanaan PTM di Cilacap, 23 SMP dan 14 SMA Serentak Gelar Vaksin

Rabu, 08 September 2021 - 20:53 | 77.59k
Kepala SMPN 1 Cilacap Kasidin didampingi guru BK Dwi Suhartati menjelaskan tentang pelaksanaan vaksin di sekolahnya. (FOTO: Estanto Prima Yuniarto/TIMES Indonesia)
Kepala SMPN 1 Cilacap Kasidin didampingi guru BK Dwi Suhartati menjelaskan tentang pelaksanaan vaksin di sekolahnya. (FOTO: Estanto Prima Yuniarto/TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Herd Immunity

TIMESINDONESIA, CILACAP – Menjelang penerapan pembelajaran tatap muka (PTM), ribuan pelajar SMP dan SMA di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mengikuti vaksinasi Covid-19 secara serentak, Rabu (8/9/2021).

Dari sekitar 23 SMP dan 14 SMA se-Kabupaten Cilacap yang melaksanakan vaksinasi, salah satunya adalah SMP Negeri 1 Cilacap.

Kepala SMPN 1 Cilacap Kasidin mengatakan pihaknya mendapat kuota vaksin sebanyak 200 siswa.

Kepala SMPN 1 Cilacap 2Salah satu siswa kelas 9, Dafa Aska mengaku senang divaksin dan semoga Indonesia sehat. (FOTO: Estanto Prima Yuniarto/TIMES Indonesia)

"Pelaksanaan vaksin kami mulai pukul 08.00 WIB, namun dibagi 4 sesi, masing–masing sesi ada 50 anak," kata Kasidin.

Ditambahkannya, vaksin yang digunakan adalah Sinovac, dan ada 4 anak yang tidak bisa mengikuti karena anak tersebut belum genap 3 bulan sembuh dari Covid–19. "Jadi harus ditunda dulu, dan diganti oleh absen berikutnya," ujarnya.

Kasidin mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Cilacap yang telah memprogramkan vaksinasi. Semoga kedepan pembelajaran tatap muka bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Salah satu siswa SMPN 1 Cilacap Dafa Aska yang telah divaksin merasa senang dan berharap Indonesia bisa pulih dari Covid–19 dan bisa belajar tatap muka kembali.

"Alhamdulillah dengan adanya vaksinasi saya merasa senang, dan lebih tenang nanti saat belajar tatap muka," ucapnya.

Kepala SMPN 1 Cilacap 3Salah satu siswa sedang divaksin oleh vaksinator dari Puskesmas Cilacap Selatan 1. (FOTO: Estanto Prima Yuniarto/TIMES Indonesia)

Selain SMPN 1 Cilacap, vaksinasi juga dilaksanakan serentak pada hari Rabu dan Kamis, 8 dan 9 September di 31 SMP dan 16 SMA/SMK se-Kabupaten Cilacap. Sementara untuk sekolah MA dan MTs akan dilaksanakan pada Jumat dan Sabtu mendatang dengan sekitar 5.000 dosis.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap Sadmoko Danardono mengatakan, sasaran vaksinasi pelajar di Kabupaten Cilacap ada sekitar 85 ribu dosis. Yakni pelajar SMP 50 ribu dosis, sedangkan SMA sekitar 35 ribu dosis.

"Sasaran se-Kabupaten Cilacap ada sekitar 85 ribu dosis. Memang anak–anak sekolah menjadi sasaran vaksinasi, agar imunnya kebal. Kebetulan mulai 23 Agustus kemarin kita sudah mulai melaksanakan simulasi pembelajaran tatap muka secara terbatas, dan Ini juga salah satu ikhtiar kita agar siswa terhindar dari Covid–19," beber Sadmoko.

Pihaknya berharap dengan kasus Covid–19 di Cilacap yang semakin menurun, PTM bisa secara bertahap dilaksanakan di seluruh sekolah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES