Peristiwa Daerah

Koin Kuno yang Ditemukan Warga Lamongan Ternyata Peninggalan Dinasti Song

Rabu, 08 September 2021 - 20:59 | 63.86k
Beberapa keping koin kuno yang ditemukan warga Desa Sukosongo, Kecamatan Kembangbahu Lamongan. (FOTO: Disparbud Lamongan for TIMES Indonesia)
Beberapa keping koin kuno yang ditemukan warga Desa Sukosongo, Kecamatan Kembangbahu Lamongan. (FOTO: Disparbud Lamongan for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Lamongan telah menemukan jawaban atas teka teki koin kuno dan batu bata yang ditemukan warga Desa Sukosongo, Kecamatan Kembangbahu beberapa hari lalu.

Kabid Kebudayaan Disparbud Lamongan, Miftah Alamudin mengungkapkan, pihaknya telah membawa sampel koin kuno dan batu bata yang ditemukan warga ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim untuk dilakukan kajian.

Setelah dikaji oleh BPCB, diketahui bahwa koin berbentuk bundar dan ada lubang segi empat tersebut merupakan peninggalan dari masa Dinasti Song. "Koin temuan berasal dari Dinasti Song abad 10-12 Masehi," kata Miftah, Rabu (8/9/2021).

Sedangkan untuk batu bata yang juga ditemukan di sekitar lokasi penemuan koin, Miftah menyebut jika batu bata tersebut juga berusia tua dan identik dengan batu bata era kerajaan Majapahit.

Meski telah diketahui asal usul benda kuno tersebut, namun Miftah menyebut bahwa pihaknya belum bisa menafsirkan lebih jauh apakah di lokasi penemuan koin kuno dan batu bata itu terdapat bangunan kuno atau tidak.

"Belum bisa diinterpretasikan lebih, karena butuh kajian lebih lanjut, karena minimnya data temuan selain koin dan batu bata kuno tersebut," tandasnya.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu warga Desa Sukosongo, Kecamatan Kembangbahu sempat ramai-ramai mencari koin kuno. Namun aksi pencarian tersebut akhirnya dihentikan oleh pemerintah desa setempat dan Disparbud Lamongan. (*)

 

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES