Pendidikan

Hebat! Siswa SMP Krista Gracia Klaten Raih Medali Emas Pada Ajang FL2SN

Rabu, 08 September 2021 - 20:01 | 53.24k
Siswa SMP Krista Gracia Klaten menunjukkan aksinya bermain musik tradisional hingga mengantarkan mereka meraih medali emas pada Ajang FL2SN. (FOTO: Thoni Ashari/TIMES Indonesia)
Siswa SMP Krista Gracia Klaten menunjukkan aksinya bermain musik tradisional hingga mengantarkan mereka meraih medali emas pada Ajang FL2SN. (FOTO: Thoni Ashari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KLATEN – Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Klaten mengapresiasi SMP Krista Gracia Klaten yang berhasil meraih prestasi bidang seni. Prestasi itu didapatkan pada ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) 2021. Perwakilan siswa tersebut sukses meraih medali emas juara pertama Cabang Musik Tradisional Tingkat Nasional.

“Dinas pendidikan sangat bangga atas prestasi ini. Seni itu faktor pewarisan kemudian diapresiasi oleh sekolah, sekolah bertanggung jawab, sekolah mencarikan guru seni, memang bisa seperti ini,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Klaten Wardani Sugiyanto dalam siaran pers kepada TIMES Indonesia, Rabu (8/9/2021).

Ia berharap, sekolah-sekolah lain dapat mengikuti jejak SMP Krista Gracia. Sekolah perlu mencarikan guru pendamping untuk mengasah siswanya yang memiliki bakat dibidang seni dan keterampilan lainnya. Dinas Pendidikan Pemkab Klaten juga mendorong potensi dan kearifan lokal agar dapat dikembangkan lebih optimal oleh sekolah.

SMP Krista Gracia 2

“Negara akan bisa maju dari kearifan lokal. Saya mendorong, ditengah pandemi pun masih bisa kita melakukan sesuatu. Dengan virtual, (kemudian) berlatih, ini kan kombinasi antar pelatih, anak, kemudian juga virtualnya, semuanya didukung oleh sekolah. Ini yang kita harapkan seperti itu perkembangan-perkembangan pendidikan di Kabupaten Klaten,” terang Wardani.

Kepala Sekolah SMP Krista Gracia Kuncoro mengaku bangga dengan apa yang telah diraih siswanya. Di tengah keterbatasan saat pandemi ternyata anak didiknya mampu meraih prestasi membanggakan tingkat nasional.

“Anak-anak sendiri sudah hebat sebenarnya. Ketemu pelatih hebat, kemudian juga dedikasi bapak ibu guru yang mendukung penuh kegiatan ini, (serta) men-support. Dan yang lebih hebat adalah semangat anak-anak sendiri. Anak-anak sendirilah yang meraih bintang itu,” kata Kuncoro.

Menurut Kuncoro, medali yang diperoleh kali ini merupakan kali kedua bagi SMP Krista Gracia. Sebelumnya, siswanya pernah mendapatkan juara pertama yaitu tahun 2019 dan 2021, dimana sebelumnya gagal meraih juara di tahun 2015 pada ajang yang sama.

“Kalau ke nasional ini sudah kali ketiga. Cuman yang tahun 2015 itu kami belum bisa membawa medali. Baru di tahun 2019 di Banten, kami memperoleh medali emas, dan di 2021 ini kami kembali mengulang sejarah tersebut,” jelas Kuncoro.

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) merupakan ajang kompetisi di bidang seni yang diselenggarakan oleh Balai Pendidikan Menengah. Ajang ini sebagai upaya pemerintah untuk melahirkan generasi bangsa yang memiliki kecintaan terhadap seni dan budaya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES