Pendidikan

Pemkab Gresik Minta Perusahaan Serap Tenaga Kerja dari Lulusan SMK

Rabu, 08 September 2021 - 15:28 | 26.96k
Wabup Gresik Aminatun Habibah usai pertemuan dengan perwakilan perusahaan (FOTO: Bagian Prokopim Gresik for TIMES Indonesia)
Wabup Gresik Aminatun Habibah usai pertemuan dengan perwakilan perusahaan (FOTO: Bagian Prokopim Gresik for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Pemerintah daerah berupaya mengoneksikan sekolah dengan perusahaan. Untuk itu, perusahaan di Kabupaten Gresik diminta oleh Pemkab Gresik untuk menyerap tenaga kerja dari lulusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

Untuk mewujudkan hal itu, Wabup Gresik Aminatun Habibah bersama jajarannya serta Ketua MKKS SMK Swasta melakukan kerjasama dengan Wings Food di Aula SMK Islamic Qon Manyar.

"Pertemuan ini merupakan satu dari sekian kegiatan yang diinisiasi oleh Pemkab Gresik, yang bertujuan untuk membentuk link kerja sama antara SMK dengan industri," kata Wabup, Rabu (8/9/2021).

Perempuan yang akrab disapa Bu Min ini  mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik antara wings food dengan pemerintah daerah. "Sebelumnya, saya sudah bertemu pihak Wings Food. Beliau sudah berkomitmen untuk merekrut tenaga kerja yang ada di Mie Sedap dari teman-teman lulusan SMK," ujarnya.

Bu Min menyebutkan, bahwa jumlah pengangguran terbuka di Gresik ini ada diatas rata- rata Jawa Timur. "Ini merupakan suatu pekerjaan kita bersama untuk bisa memperbaiki keadaan," lanjutnya.

Sementara itu, Plt Kepala Cabang Dispendik Jatim di Gresik, Kiswanto menyatakan setiap tahunnya, SMK meluluskan sekitar 4 ribu siswa dan memiliki total hampir 16 ribu siswa. 

"Besarnya kelulusan tersebut dimana hampir semuanya keinginannya adalah bekerja, bisa dibayangkan bagaimana efek jika fresh graduate ini tidak terserap," tutupnya menanggapi permintaan Pemkab Gresik mengoneksikan SMK dan perusahaan di Kabupaten Gresik untuk penyerapan tenaga kerja. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES