Ekonomi

Inovatif, Ide Bisnis Rengginang Singkong Menangkan IndoHome Santripreneur Competition

Rabu, 08 September 2021 - 15:25 | 55.25k
Penyerahan hadiah IndiHome Santripreneur. (FOTO: Dok. PT Telkom Indonesia)
Penyerahan hadiah IndiHome Santripreneur. (FOTO: Dok. PT Telkom Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Jika biasanya jajanan Rengginang terbuat dari ketan. Berbeda Rengginang buatan Pondok Pesantren Raden Rahmat Sunan Ampel, Jember. Para santri ponpes tersebut membuatnya dari singkong.

Ide inovatif itu pun membuat Ponpes Raden Rahmat Sunan Ampel, Jember menyabet juara pertama dalam ajang Indihome Santripreneur Competition.

Penyerahan hadiah diserahkan langsung oleh Executive Vice President Telkom Regional 5 Jatim Bali Nusa Tenggara, Pontjo Suharwono didampingi Deputy EVP Marketing Fera Pebrayenti, di Telkom Landmark Tower Surabaya, Lantai 12.

Tujuan IndiHome Santripreneur adalah untuk menciptakan wirausaha santri yang berdaya saing tangguh, berkelanjutan serta saling menunjang dan berkesinambungan dengan memanfaatkan sinergi dari berbagai elemen masyarakat. Pontjo Suharwono mengatakan, bahwa pihaknya mengajak para santri satu langkah lebih maju khususnya untuk mengangkat potensi di pesantren.

"Melalui program ini, kita mencoba untuk memberikan bekal kepada santriwan dan satriwati untuk dapat menikmati layanan internet untuk pengembangan diri khususnya mereka sebagai pelaku industri atau usaha,” kata Pontjo.

Ia mengatakan bahwa para Peserta IndiHome Santripreneur diberikan pengalaman yang kompetitif melalui penyaringan hingga 25 besar, dan pada tahap bootcamp diberikan bermacam materi mulai softskill, business plan, digital marketing dan finance.

“Kompetisi ajang Indihome Santripreneur juga sebagai ajang banyak belajar kaum santri dalam berwirausaha dalam memberikan manfaat bagi sesama di era pandemik dan sebagai bagian dari bentuk ibadah,” katanya.

IndiHome Santripreneur adalah sebuah wujud kepedulian dan komitmen IndiHome kepada masyarakat diantaranya dalam membangun kekuatan ekonomi santri yang berkelanjutan, inovatif dan juga kreatif yang dapat bermanfaat dan membawa kebaikan untuk sesama melalui sebuah program pengembangan kompetensi dan pendampingan kewirausahaan untuk para santri.

“Kalau boleh dibilang Santripreneur ini untuk komunitas pengusaha di kalangan santri dan tidak komunitas pengusaha secara umum, karena program di luar komunitas santri sudah sangat banyak kompetisi serupa,” tegasnya.

Adapun tiga pemenang dari rangkaian kegiatan IndiHome Santripreneur Competition adalah Juara 1 : El Marom Tim, Ide bisnis Rengginang Singkong, Pondok Pesantren Raden Rahmat Sunan Ampel, Jember; Juara 2 : Tim Piambak, Ide bisnis Pizza Iwak Tambak, Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Lamongan; dan Juara 3 : Dedaun Coffee, Ide bisnis Kopi dalam kemasan, Pesantren Persatuan Islam Bangil. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES