Wisata

Wisata Mazoola akan Kembali Dibuka, Ini Syarat bagi Pengunjung

Rabu, 08 September 2021 - 12:28 | 43.12k
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan 20 tempat wisata outdor yang dijadikan uji coba untuk buka dalam rakor secara virtual, (Foto: Arif Bahtiar Kabag Prokopim Lamongan/TIMES Indonesia)
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan 20 tempat wisata outdor yang dijadikan uji coba untuk buka dalam rakor secara virtual, (Foto: Arif Bahtiar Kabag Prokopim Lamongan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGANMaharani Zoo dan Gua Lamongan (Mazoola) Jawa Timur menjadi salah satu dari 20 tempat wisata outdoor di Indonesia akan dibuka untuk umum. Dalam uji coba pembukaan tempat wisata ini, penegelola akan memberlakukan protokol kesehatan (prokes) yang sudah diatur.  

Untuk diketahui bersama, selain Mazoola terdapat 3 tempat wisata di Provinsi Jawa Timur yang menjalani uji coba pembukaan yakni, Taman Rekreasi Selecta Batu, Jatim Park 2 Batu, Batu Night Spectacular (BNS). 

Di Jawa Tengah diantaranya, Grand Maerakaca Taman Mini Semarang, Taman Wisata Candi Borobudur Magelang, Taman Wisata Candi Prambanan Klaten dan Taman Satwa Taru Jurug Surakarta. 

Menko Kemaritiman b

Sedangkan di Daerah Istimewa Yogyakarta dan DKI Jakarta, Taman Wisata Candi Ratu Boko Sleman, Taman Pintar Yogyakarta, Waku Lumbung Culture Resort, Taman Impian Jaya Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).         

“Alhamdulilah, Mazoola dijadikan uji coba untuk buka. Seperti yang disampaikan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan semalam,” ujar Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Rabu (8/9/2021). 

Namun demikian, kata Pak Yes sapaan Yuhronur Efendi, para pengunjung harus tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang sudah diatur. “Mereka harus menerapkan aplikasi peduli lindungi. Dan pengunjung tidak diperbolehkan membawa masuk, anak-anak dibawah umur 12 tahun,” katanya. 

Terkait pedoman pengaturan di masa pandemi Covid-19, Pak Yes menuturkan, tetap berdasarkan Inmendagri (Instruksi Menteri Dalam Negeri). Untuk Lamongan, ungkap Pak Yes, nantinya akan dilakukan penataan dan penyesuaian sejumlah sektor. 
   
“Untuk yang pertama masih uji coba pembukaan tempat wisata Mazoola dan dibolehkannya hajatan dengan pengaturan-pengaturan. Dan saat ini secara detailnya SOP sedang kita susun,” ucapnya. 

Pak Yes menjelaskan, memang tidak serta merta semua sektor akan dibuka namun pembukaannya secara bertahap sesuai dengan kondisi pandemi. Menurutnya, harus bertingkat dan berkelanjutan dengan memberikan pengaturan. 

“Pandemi Covid-19 memang belum berakhir. Tapi di sisi lain perekonomian juga harus bergerak. Untuk itu kita akan memberikan pengaturan-pengaturan berdasarkan Inmendagri sesuai assesmen level kaitannya dengan PPKM,” katanya.

Kabupaten Lamongan terus mengalami penurunan transmisi penularan Covid-19. Bahkan berdasarkan data yang dirilis Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Kota Soto menjadi satu-satunya Kabupaten yang masuk assesmen level 1 di Pulau Jawa. 

Pak Yes mengungkapkan, sampai saat ini Inmendagri hanya mengatur apa-apa yang harus dilakukan pemerintah daerah kaitannya dengan PPKM Level 2,3 dan 4. 

“Memang Pemprov Jatim belum ada pemberitahuan resmi terkait level 1 tersebut. Tapi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa telah memaparkannya saat rakor virtual dengan Pak Menteri Marves Luhut Binsar Panjaitan,” ucapnya.    

Menko Kemaritiman c

Mengenai kondisi Lamongan yang sudah membaik, Pak Yes menyampaikan, ini tak lepas dari peran serta Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, tenaga kesehatan, stakeholder dan khususnya seluruh masyarakat Kabupaten Lamongan. 

“Lamongan sudah semakin membaik. Ini juga tak lepas dari peran masyarakat Lamongan bisa bekerjasama dalam rangka memerangi Covid-19,” ujar Pak Yes, Bupati Lamongan. 

Selain Mazoola, juga terdapat 9 tempat wisata outdoor di Jawa Barat yang dijadikan uji coba untuk buka. Diantaranya, Taman Safari Indonesia Bogor, Taman Bunga Nusantara Cianjur, The Lodge Marbaya Bandung, Glamping Lake Side Ranca Bali Bandung, Kawah Putih Bandung, Jbond Bogor dan Saung Mang Ijo Bandung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES