Glutera News

8 Manfaat Ampuh Probiotik untuk Kesehatan

Rabu, 08 September 2021 - 10:42 | 84.90k

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Probiotik adalah suplemen untuk membantu melindungi dan memelihara kesehatan sistem pencernaan, terutama lambung dan usus. Probiotik sering disebut sebagai bakteri “baik”.

Probiotik diyakini memiliki beragam cara kerja. Salah satunya adalah dengan cara menyeimbangkan jumlah bakteri “baik” dan bakteri “jahat” yang hidup di sistem pencernaan. 

Cara kerja ini dipercaya mampu meredakan diare yang disebabkan oleh infeksi atau akibat penggunaan antibiotik.

Berbeda dengan bakteri yang sering disebut sebagai penyebab penyakit, probiotik adalah bakteri atau jamur yang dapat mendukung sistem pencernaan, sistem kekebalan tubuh, serta kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Tubuh manusia dipenuhi beragam jenis bakteri, bakteri yang baik maupun yang buruk. Probiotik sering disebut sebagai bakteri baik karena membantu menyehatkan usus manusia.

Probiotik sebagai bakteri baik

Probiotik dapat memberi manfaat bagi tubuh dengan cara memicu pertumbuhan  bakteri baik baru, yang hilang karena pengobatan antibiotik. Probiotik juga membantu menekan bakteri buruk dalam pencernaan yang dapat menimbulkan gangguan, serta menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan buruk.

Ada beberapa kondisi yang dapat dibantu penyembuhannya dengan menggunakan probiotik, misalnya:

1. Membantu meredakan diare yang disebabkan virus, bakteri atau parasit, maupun yang disebabkan hal lain seperti reaksi terhadap antibiotik. Probiotik merupakan salah satu jenis makanan untuk bayi diare atau orang dewasa yang boleh dikonsumsi.
2. Meringankan sindrom iritasi usus (irritable bowel syndrome).
3. Meredakan gejala penyakit radang usus (inflammatory bowel disease). 
4. Mencegah alergi dan pilek.
5. Menjaga kesehatan saluran kemih dan vagina.
6. Membantu meringankan gangguan kulit, seperti eksim.
7. Menjaga kesehatan mulut.
8. Menurunkan risiko infeksi pernapasan.

Menjaga kesehatan jantung 

Probiotik dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan tekanan darah. Bakteri penghasil asam laktat tertentu dapat mengurangi kolesterol dengan memecah empedu di usus. Empedu adalah cairan alami yang sebagian besar terbuat dari kolesterol untuk membantu pencernaan.

Dengan memecah empedu, probiotik dapat mencegahnya diserap kembali di usus, di mana ia dapat masuk ke dalam darah sebagai kolesterol. Sebuah tinjauan dari 5 penelitian menemukan bahwa makan yogurt probiotik selama 2-8 minggu dapat mengurangi kolesterol total sebesar 4 persen dan kolesterol LDL sebesar 5 persen.

Glutera-Noxx.jpg

Jenis Probiotik 

Probiotik terdiri dari beberapa jenis bakteri dengan manfaat yang berbeda dalam sistem pencernaan, antara lain:

• Lactobacillus

Lactobacillus merupakan jenis probiotik yang paling banyak digunakan. Ada lebih dari 50 jenis bakteri Lactobacilli, yang secara alami dapat ditemukan di saluran pencernaan, saluran kemih, dan sistem genital. Probiotik ini umumnya ditemukan dalam yoghurt atau makanan hasil fermentasi lain. Probiotik ini juga dapat membantu meringankan diare dan dapat membantu orang yang alergi laktosa.

• Bifidobacteria

Bifidobacteria memiliki sekitar 30 jenis yang berbeda. Bakteri ini paling banyak ditemukan dalam usus besar. Asupan probiotik jenis ini diyakini bermanfaat meringankan gejala sindrom iritasi usus (irritable bowel syndrome). 

• Streptococcus thermophilus

Streptococcus thermophilus dapat memproduksi enzim laktase, yang dapat mencegah intoleransi laktosa. Kemudian ada jenis lain yang dikenal dengan nama probiotik Leuconostoc. Probiotik ini banyak dimanfaatkan dalam memproses makanan.

• Saccharomyces

Saccharomyces merupakan probiotik dari jamur yang kerap digunakan untuk mencegah dan mengobati diare. Mengonsumsi probiotik jenis ini, dalam bentuk makanan maupun minuman, dapat membantu meredakan jerawat serta mengurangi efek samping pengobatan radang lambung yang disebabkan oleh bakteri jenis Helicobacter pylori. (*)


Be Everlasting with Glutera 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES