Pendidikan

Dorong Pelaksanaan PTM, Dirjen Vokasi: untuk Materi Praktik Sudah Boleh Masuk

Rabu, 08 September 2021 - 01:26 | 52.34k
Wikan Sakarinto Dirjen Vokasi Kemendikbud RI (kanan) bersama Wali Kota Madiun H. Maidi di Poltek Negeri Madiun. (Foto: Yupi Apridayani/TIMESIndonesia)
Wikan Sakarinto Dirjen Vokasi Kemendikbud RI (kanan) bersama Wali Kota Madiun H. Maidi di Poltek Negeri Madiun. (Foto: Yupi Apridayani/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Penyelenggara pendidikan vokasi diharapkan segera melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terutama materi praktik. Hal itu ditegaskan Wikan Sakarinto Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud RI saat penyerahan aset Poltek Negeri Madiun, Selasa (7/9/2021).

Menurut Wikan selama PPKM masih diberlakukan, materi pembelajaran teori untuk pendidikan vokasi bisa dilakukan secara daring. Sedangkan untuk praktik idealnya harus tatap muka.

"Untuk perguruan tinggi, strateginya adalah materi kuliah teori daring dulu. Kalau mulai menurun (kasus Covid-19) bisa hybrid. Tetapi untuk praktik sudah boleh masuk (tatap muka)," tegas Wikan.

Maidi-4.jpgDirjen Vokasi mendampingi empat poltek negeri di Jatim menerima penyerahan aset bangunan dari Kementerian PU PR. (FOTO: Yupi Apridayani/TIMES Indonesia)

Selama pandemi, tatap muka untuk materi praktik tetap harus menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Serta pembatasan jumlah kehadiran peserta didik. Hal yang sama juga bisa diberlakukan untuk jenjang pendidikan SMK.

"Sebenarnya untuk SMK, kami mendorong untuk masuk. Tetapi keputusan akhir ada pada Pemda, satker dan orangtua," jelas Wikan.

Dalam surat keputusan bersama (SKB) empat menteri terkait PTM, ujar Wikan, khusus pendidikan vokasi dipersilakan masuk untuk materi praktik. Sebab lulusan SMK atau PT vokasi dibutuhkan skill terapan untuk terjun ke dunia industri.

"Bisa saja praktik dilakukan secara simulasi. Tetapi hasilnya tidak sama dengan praktik langsung," jelas Wikan.

Diketahui, selama pandemi berlangsung pembelajaran tatap muka (PTM) belum dilakukan secara menyeluruh termasuk di Madiun. Kemendikbud RI baru memberikan lampu hijau bagi daerah dengan status PPKM level 3 untuk menggelar PTM. Itupun  tergantung pada keputusan kepala daerah masing-masing. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES