Peristiwa Internasional

Dokter Berdah Israel Berhasil Pisahkan Bayi Kembar Siam Dempet Kepala

Selasa, 07 September 2021 - 12:04 | 63.35k
Operasi langka untuk memisahkan bayi kembar siam dempet kepala berusia satu tahun. (FOTO: China Xinhua News)
Operasi langka untuk memisahkan bayi kembar siam dempet kepala berusia satu tahun. (FOTO: China Xinhua News)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pusat Medis Soroka di Israel selatan berhasil melakukan operasi langka untuk memisahkan bayi kembar siam dempet kepala berusia satu tahun.

Dari laporan yang disampaikan rumah sakit itu pada Minggu (5/9/2021) kemarin, yang juga dikutip dari China Xinhua News, operasi itu dilakukan pada Kamis (2/9/2021) dan berlangsung selama 12 jam.

Operasi-Bayi-Kembar-Siam.jpg

"Operasi dilakukan oleh 50 tenaga kesehatan di rumah sakit itu, bersama dengan para ahli internasional, menurut pihak rumah sakit," demikian laporan yang dikutip TIMES Indonesia, Selasa (7/9/2021).

Bayi kembar perempuan tersebut lahir pada Agustus 2020 dengan kondisi dempet pada kepala bagian belakang.

Selama beberapa bulan terakhir, mereka telah menjalani tes ekstensif dan berada di bawah pengawasan medis yang ketat oleh rumah sakit, terutama untuk fungsi jantung dan pernapasan, sebelum menjalani operasi, imbuh rumah sakit itu.

Bayi-Kembar-Siam-2.jpg

Dalam operasi tersebut, tim dokter memisahkan otak dan pembuluh darah, kemudian memulihkan bagian tengkorak, selaput otak (meningen), dan kulit bayi kembar siam itu.

Sementara itu, Direktur bangsal Bedah Saraf Anak di Soroka, Mickey Gideon, mengatakan bahwa operasi itu berhasil dengan sukses.

"Operasi langka itu dilakukan dengan sempurna. (Akan) Pulih sepenuhnya," ujarnya soal memisahkan bayi kembar siam dempet kepala. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES