Kesehatan

Catat! Ini Tips Aman Mengonsumsi Frozen Food

Selasa, 07 September 2021 - 02:16 | 62.91k
ILUSTRASI - Makanan beku atau frozen food. (FOTO: Shutterstock)
ILUSTRASI - Makanan beku atau frozen food. (FOTO: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTAFrozen food atau makanan beku sering menjadi pilihan karena praktis untuk diolah. Makanan ini sangat cocok bagi mereka yang tidak punya banyak waktu untuk memasak. Meski cenderung memudahkan, makanan beku juga memiliki dampak buruk untuk kesehatan tubuh.

Hal ini berkaitan dengan kandungan bahan pengawet di dalam frozen food yang dianggap berbahaya bagi kesehatan tubuh. Padahal, selama disimpan dan dikonsumsi dengan wajar dan sesuai, makan frozen food tidak menjadi masalah. Berikut adalah beberapa cara aman mengonsumsi frozen food.

1. Perhatikan Kemasan Sebelum Membeli

Salah satu sumber masalah frozen food adalah kemasan dan kondisi penyimpanannya yang kurang baik. Pasalnya, jika hal ini tidak diperhatikan, Anda harus siap-siap menyantap frozen food plus bakteri berbahaya.

Untuk mengetahui produk berkualitas atau tidak, Anda bisa mengamati es atau serbuk es di sekitar kemasan saat berada di lemari pendingin. Jika ada banyak kembang es berbentuk lancip, kemungkinan besar pernah terjadi proses oksidasi. Dengan kata lain, produk tersebut sempat lumer dalam waktu lama, kemudian dibekukan lagi. Ini berbahaya bagi kesehatan, mengingat frozen food yang pernah cair sebetulnya tidak boleh dibekukan.

2. Wadah Terpisah

Ada baiknya untuk memisahkan frozen food dengan jenis makanan lainnya. Kalau ingin lebih aman, ada baiknya ditempatkan di wadah terpisah. Adapun tujuannya, untuk memastikan suhu penyimpanan tetap stabil. Nah, dengan cara ini, makanan Anda bisa tahan lama, setidaknya selama enam bulan.

Nah, kini Anda tak perlu ragu untuk mengonsumsi makanan beku. Namun, pastikan Anda makan tidak berlebihan agat tidak berisiko untuk kesehatan tubuh. Selain itu, sebaiknya kombinasikan makanan beku dengan bahan makanan segar agar kebutuhan nutrisi Anda tetap terpenuhi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES