Ekonomi

Pemkab Gandeng PT KAI Kembangkan Museum Kereta Api Jadi Pusat Kuliner

Senin, 06 September 2021 - 17:14 | 38.11k
Wakil Bupati Bondowoso bersama sejumlah OPD terkait saat mendatangi dan berkordinasi dengan PT. KAI Daop IX Jember (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Wakil Bupati Bondowoso bersama sejumlah OPD terkait saat mendatangi dan berkordinasi dengan PT. KAI Daop IX Jember (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten Bondowoso bersama PT KAI (Kereta Api Indonesia) akan memanfaatkan Museum Kereta Api sebagai salah satu pusat kuliner.

Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat bersama sejumlah kepala dinas terkait berkoordinasi PT KAI Daop IX Jember untuk memaksimalkan museum yang terletak di Jalan Imam Bonjol Kelurahan Kademangan tersebut.

Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat mengatakan, optimalisasi ini rencananya akan dilakukan dengan membangun beberapa sarana prasarana untuk pusat kuliner di sekitar Museum. 

Tepatnya di sekitar sayap kanan-kiri dari museum yang terletak di Jalan Veteran, Kecamatan Bondowoso itu. "Kalau hanya museum kan yang ngunjungi di sana tak begitu banyak yang minat," jelas Ketua DPC PDI Perjuangan tersebut.

Namun jika ada pusat kulinernya kata dia, maka pengunjungan ke museumnya juga banyak. "Itu konsep kerjasamanya," imbuhnya. 

Menurutnya, Pemkab Bondowoso sengaja ll datang ke PT KAI untuk mengajak kerjasama atas rencana tersebut. "Nantinya keterisian pusat kuliner itu diisi oleh pelaku UMKM atau pelaku kuliner asal Bondowoso," jelasnya.

Inti kerjasama tersebut, jangan sampai dinikmati orang di luar Bondowoso. "Utamanya yang mengisi pusat-pusat kuliner itu," imbuhnya. 

Adapun pembangunan museum induknya kata dia, akan dilakukan oleh PT KAI. Namun karena ada refocusing jadinya rencana pembangunan yang akan dilakukan di tahun 2021. Ditunda akan dilaksanakan tahun berikutnya. 

"Makanya ini Pemerintah Daerah juga akan bersurat kepada PT KAI, supaya pembangunannya manjadi skala prioritas di 2022. Supaya dibangun tapi yang bangun PT KAI," jelasnya. 

Sementara Pelaksana Harian Manager Humas PT KAI Daop IX Jember, Tohari menyambut baik rencana Pemkab Bondowoso yang akan mengelola di sekitar museum sebagai pusat kuliner. 

Apalagi memang PT KAI akan melakukan revitalisasi atau peremajaan Museum. Namun karena terbentur oleh pandemi Covid-19, revitalisasinya terpaksa ditunda. 

"Dari pihak PT KAI artinya mendukung, monggo dipersilahkan. Dan silahkan untuk melakukan pengajuan ke PT. KAI. Sehingga bisa disampaikan ke PT KAI pusat. Jadi, pengajuan tersebut berupa pengajuan kontrak," jelasnya saat ditanya rencana kerja sama Pemkab Bondowoso tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES