Ekonomi

Harga Cabai Anjlok, Bupati Brebes Minta ASN Borong Cabai Petani

Senin, 06 September 2021 - 14:14 | 31.01k
Bupati Brebes Hj.Idza Priyanti saat memborong cabai hasil panen petani sekaligus mendokrak anjloknya harga cabai di pasaran (Foto Diskominfotik Kab Brebes For Times Indonesia)
Bupati Brebes Hj.Idza Priyanti saat memborong cabai hasil panen petani sekaligus mendokrak anjloknya harga cabai di pasaran (Foto Diskominfotik Kab Brebes For Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, BREBESHarga cabai tak lagi pedas di tingkat petani, pasalnya saat ini anjlok hingga Rp 3.000-4.500 per kilogram. Hal ini memicu perhatian Bupati Brebes, Idza Priyanti SE MH.

Anjloknya harga karena dipicu panen raya di Kecamatan Ketanggungan, Larangan, Jatibarang dan Bantarkawung. Akibatnya, petani mengalami kerugian, apalagi di masa pandemi Covid-19 sehingga sangat terasa. 

Menyikapi hal tersebut, Bupati Hj Idza Priyanti kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Brebes meminta untuk ramai-ramai memborong cabai rawit petani.

Gerakan aksi ASN borong cabai ditandai pembelian cabai oleh Bupati Brebes, Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT dan seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemkab Brebes. ASN membeli langsung kepada petani seharga Rp 8.000 per kilogram, masing-masing ASN membeli 5 kilogram.

Menurutnya, ini sebagai bentuk kepedulian terhadap petani cabai saat di halaman Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Brebes untuk mendongkrak harga cabai di tingkat petani agar kembali stabil. "Hanya Rp 3.000 perkilogram, jangankan meraih untung, untuk menutup biaya produksi aja tidak cukup," ujar Idza, Senin (6/9/2021).

Bupati-Brebes-2.jpg

Untuk itu Bupati Brebes memberikan Instruksi agar menggelar gerakan ASN beli cabai, untuk mendongkrak harga dan mengurangi kerugian petani, jelas Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH

Sedangkan Ketua Korpri sekaligus Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT, menyampaikan gerakan ini adalah bentuk dukungan dan bantuan para Aparat Pemerintah guna mengurangi beban para petani cabai.

Djoko menerangkan, jumlah ASN di Brebes mencapai 9.400 orang, bila masing-masing ASN membeli 5 kilogram maka akan mendongkrak harga cabai menjadi naik.

Menanggapi aksi kepedulian yang diarahkan oleh Bupati, Kepala DPKP Kabupaten Brebes Ir Yulia Hendrawati MSi menambahkan, pembelian cabai sebagai wujud nyata kepedulian ASN terhadap petani.

Pembelian sementara dilakukan kepala OPD se Kabupaten Brebes dengan membeli Cabai Rawit Hijau langsung dari Petani seberat 30 Kg seharga Rp 250.000.

Yulia mengatakan dibelinya Cabai Rawit oleh para ASN sebagaimana instruksi Bupati Brebes, dengan harga Rp 8.000 per kilogram tentunya akan membantu para petani, mengingat harga cabai saat ini sebesar Rp 4.500/kg sedangkan harga pokok produksi (BEP) kisaran Rp 6.400/Kg. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES