Wisata

Wisata Dieng Banjarnegara Lakukan Simulasi Pembukaan Obyek Wisata

Senin, 06 September 2021 - 01:01 | 137.13k
Simulasi pembukaan objek wisata Dieng Banjarnegara (FOTO: Kominfo for TIMES Indonesia)
Simulasi pembukaan objek wisata Dieng Banjarnegara (FOTO: Kominfo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Kawasan Wisata Dataran Tinggi (KWDT) Dieng Banjarnegara, Jawa Tengah mulai bersiap membuka kembali obyek wisata Dieng untuk umum.

Hari ini, Minggu (5/9/2021) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Kabupaten Banjarnegara menggelar simulasi pembukaan wisata Dieng guna menyambut wisatawan.

Simulasi tersebut dihadiri unsur OPD terkait, dan pelaku industri pariwisata khususnya dari wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Wisata Dieng Banjarnegara 2

Kepala Disparbud Kabupaten Banjarnegara, Drs Agung Yusianto MSi, menyampaikan, uji coba tersebut dilakukan di komplek Candi Arjuna dan Kawah Sikidang, secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan.

“Pada kesempatan ini kami menyampaikan bahwa pada hari ini kami melakukan simulasi pembukaan objek di kawasan wisata dataran tinggi Dieng. Maksud tujuan kami mengadakan simulasi adalah bagian dari upaya kami untuk mempersiapkan ketika pada saatnya nanti Banjarnegara pada PPKM level 2, maka objek wisata akan kita buka,” katanya.

Dengan simulasi ini, jelas Agung, para pengelola maupun dari pihak pihak terkait seperti biro perjalanan, bisa menyesuaikan dengan regulasi-regulasi yang ada.

"Jadi harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini, yang sudah berubah. Salah satu syaratnya adalah wisatawan harus sudah divaksin, selain tentu saja penerapan protokol kesehatan," kata Agung lagi.

Dijelaskan pula, bahwa pemerintah sudah menerapkan kebijakan terkait dengan pemberian vaksin.

Karena itu salah satu persyaratan nanti selain protokol kesehatan 3M, satu persyaratan lain adalah, pengunjung wisatawan harus yang sudah vaksin minimal sudah divaksin yang pertama.

Wisata Dieng Banjarnegara 3

Karena itu, hal ini  perlu disampaikan. Sehingga pada saatnya, semua pihak sudah tahu persis bagaimana kebijakan pemerintah Kabupaten Banjarnegara dalam membuka objek wisata.

Namun demikian, Agung belum bisa memastikan kapan objek wisata Dieng akan kembali dibuka. Nantinya, objek wisata yang ada di sana akan langsung dibuka ketika PPKM sudah turun ke level 2. Saat ini Banjarnegara masih di level III.

Salah seorang pelaku wisata, Jojo, berharap agar obyek wisata segera dibuka. Karena pelaku wisata sudah job dan saat ini banyak yang hanya mengandalkan pada kunjungan wisatawan.

"Semoga obyek wisata di Banjarnegara segera dibuka. Karena kami hanya mengandalkan pada obyek wisata,” harap Jojo pelaku usaha asal Dieng Banjarnegara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES