Olahraga

Sejarah Terukir, Ikasi Resmi Berdiri di Indramayu

Minggu, 05 September 2021 - 22:36 | 73.27k
Pengurus Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Kabupaten Indramayu. (Foto: Nurhidayat/TIMES Indonesia)
Pengurus Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Kabupaten Indramayu. (Foto: Nurhidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Cabang olahrga anggar secara resmi menjadi bagian dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Indramayu. Sejarah tercipta setelah kepengurusan Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Kabupaten Indramayu secara resmi dikukuhkan.

Ketua Umum pertama Ikasi Indramayu, Ahmad Fatoni mengungkapkan, sejatinya cabang olahraga anggar telah eksis sejak beberapa tahun lalu. Bahkan, pada Pekan Olaharaga Daerah (Porda) Jawa Barat tahun 2007, salah satu atlet asal Indramayu berhasil meraih medali perunggu.

"Tetapi saat itu atlet tersebut membawa nama daerah lain karena di Indramayu belum ada Ikasi," ujar Fatoni usai pengukuhan, di aula SMKN 1 Balongan, Indramayu, Minggu (4/9/2021)

Fatoni mengatakan dirinya tidak ingin muluk-muluk memasang target prestasi pada cabor baru tersebut. Ia mengaku baru akan membidik medali pada Porda tahun 2026.

"Saat ini yang terpenting kita lakukan pembinaan dan menjating atlet-atlet muda," ujar anggota DPRD Indramayu tersebut.

Salah satu program yang akan menjadi prioritas adalah mengenalkan cabor anggar dalam lingkungan sekolah. Sebab, saat ini masih sedikit sekolah yang memasukkan anggar sebagai salah satu ekstrakurikuler olahraga.

Hal itu pula yang mendorong dirinya melibatkan para guru olahraga dalam kepengurusan anggar periode 2021-2025. Bahkan porsi pengurus berlatarbelakang guri olahraga mencapai 80 persen.

"Dari sekolah kita terus mendorong supaya anggar semakin dikenal di masyarakat Indramayu," ujar Fatoni.

Dalam pengukuhan, hadir Sekretaris Umum Pengda Ikasi Jabar Christin Timisela, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Indramay, Jahirin dan Plt Ketua Umum KONI Indramayu, Dedi Darpadi. "Kita semua berharap Ikasi bisa mengharumkan nama Indramayu, Jawa Barat dan Indonesia di mata dunia," ujar Christin Timisela. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES