Wisata

Gunung Jae Dipercantik, Desa Sedau di Lombok Barat Dapat Bantuan dari Kemendes RI

Minggu, 05 September 2021 - 16:05 | 188.28k
Suasana kawasan wisata alam Gunung Jae di Desa Sedau, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. (Foto: Dispar Lombok Barat)
Suasana kawasan wisata alam Gunung Jae di Desa Sedau, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. (Foto: Dispar Lombok Barat)

TIMESINDONESIA, LOMBOK BARAT – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transportasi Republik Indonesia (Kemendes RI) mengguyurkan anggaran untuk penataan Desa Sedau di Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB.

Desa Wisata Sedau ini mendapat bantuan anggaran dari Kemendes RI karena memiliki kawasan wisata alam Gunung Jae yang eksotis.

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat Saepul Akhkam mengaku sangat gembira dengan kucuran anggaran ini. Menurut dia, warga dan jajaran perangkat Desa Sedau sangat kreatif dalam mengelola potensi yang ada di desa tersebut.

"Di tengah minimnya kemampuan keuangan daerah, Desa Sedau kreatif untuk meyakinkan pemerintah pusat untuk dapat dibantu anggaran. Apalagi ini menyentuh destinasi pariwisata kita di Desa Sedau," kata Akhkam kepada TIMES Indonesia, Minggu (4/9/2021).

"Saya yakin ini akan menjadi penguat aksesibitas dan amenitas di Gunung Jae. Ini menjadi pekerjaan rumah buat kami untuk mendukung bagaimana destinasi ini menyajikan atraksi yang berkelanjutan," imbuhnya.

Wisata Gunung Jae aKepala Dinas Pariwisata Lombok Barat Saepul Akhkam (paling Kiri) saat menyaksikan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Kemendes RI dengan Desa Sedau.(Foto: Dispar Lombok Barat)

Akhkam menerangkan, ihwal pemberian bantuan anggaran ini tertuang dalam penandatanganan surat Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kemendes RI dengan Desa Sedau, pada Kamis, 2 September 2021.

Penandatanganan PKS tersebut dilakukan oleh Kepala Desa Sedau Amir Syarifuddin melalui daring secara nasional dengan menghadirkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Heri Ramdhan serta Tenaga Ahli di DPMD Bidang Infrastruktur Wirajaya .

"Adanya PKS ini sendiri adalah salah satu syarat sebelum anggaran senilai Rp. 300 juta tersebut ditransfer ke rekening desa. Anggaran dari Kemendes RI ini akan diperuntukkan bagi penataan kawasan ground camping yang saat ini lagi viral di kalangan wisatawan lokal," papar Akhkam.

Ia juga menegaskan bahwa kucuran anggaran dari Kemendes RI ini menjadi tanda kebangkitan pariwisata Lombok Barat di masa pandemi Covid-19.

"Semua pihak berkolaborasi dalam membangun kepariwisataan. Ini sangat membanggakan," ucap Akhkam.

Saat ini, Gunung Jae diminati wisatawan dengan beragam pesona alamnya. Di sana wisatawan bisa berwisata di dataran rendah dengan suasana gunung. Ada juga danau untuk memancing ikan.

Wisata Gunung Jae bKawasan wisata alam Gunung Jaei juga memiliki camping ground untuk bermalam para pengunjung di kemah.(Foto: Dispar Lombok Barat)

Kawasan itu juga memiliki camping ground untuk bermalam di kemah. Pengelola menyediakan fasilitas lain seperti trek bambu yang melintasi area persawahan yang cocok untuk spot foto.

Selain itu, juga ada penyewaan perahu yang relatif murah untuk mengelilingi danau serta lapak-lapak yang menyediakan makanan dan minuman untuk para pengunjung atau wisatawan.

Karena potensi wisata alam Gunung Jae di Desa Sedau yang terkenal eksotik, maka Kemendes RI mengguyurkan anggaran untuk penataan di desa yang berada di wilayah Kabupaten Lombok Barat tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES