Gaya Hidup

6 Alasan Pentingnya Orang Tua Perlu Menemani Anak Membaca

Minggu, 05 September 2021 - 03:29 | 91.89k
Ilustrasi - Orang Tua Menemani Anak Membaca (Foto: Freepik/pvproductions)
Ilustrasi - Orang Tua Menemani Anak Membaca (Foto: Freepik/pvproductions)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menanamkan kebiasaan gemar membaca sejak dini pada anak memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak. Buku bisa menjadi sumber informasi dan ilmu untuk anak-anak. Tak harus membaca sendiri, orang tua juga bisa mendampingi anak saat mereka membaca. Kebiasaan ini justru membawa banyak manfaat untuk orang tua dan anak.

Dilansir dari Verywell berikut alasan mengapa orang tua dan anak-anak harus terus membaca bersama di usia sekolah.

1. Mendorong Anak Mencintai Buku

Semakin banyak anak Anda membaca bersama Anda dan melihat Anda membaca buku-buku Anda sendiri, semakin mungkin ia juga suka menyelam ke dalam cerita yang bagus. Ketika Anda menumbuhkan kecintaan pada buku-buku dengan anak-anak dan membaca bersama mereka, Anda menanamkan kebiasaan besar yang akan berlangsung seumur hidup anak Anda.

2. Mengurangi Waktu Screen Time

Menamani anak membacaFoto: Freepik/gpointstudio

Ketika membaca buku sudah menjadi rutinitas, otomatis anak dapat mengurangi waktunya menonton televisi atau bermain gadget. Hal itu juga mendorong anak untuk mengelola waktunya sendiri antara membaca dan menggunakan waktu untuk screen time.

3. Memperkuat Hubungan Orang Tua dan Anak

Salah satu cara terbaik untuk membentuk kedekatan dengan anak adalah dengan membuka cerita yang bagus. Menghabiskan waktu bersama dengan membaca dapat memperkuat ikatan Anda dengan anak Anda.

4. Membantu Keterampilan Membaca Anak

Saat keterampilan membaca anak mulai meningkat, Anda dapat bergiliran membaca bagian-bagian dari buku dengan keras. Melakukan hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri anak dan membantu mereka menjadi terbiasa membaca bagi orang lain, yang akan menjadi keterampilan yang berguna di sekolah. Membaca dengan keras juga membantu anak-anak meningkatkan pelafalan, meningkatkan kosakata mereka, dan membantu mereka benar-benar mengakses dan memahami makna yang lebih dalam dari sebuah cerita.

5. Hal yang Menyenangkan

Hanya karena Anda orang dewasa, tidak berarti Anda tidak dapat menikmati buku anak-anak yang hebat seperti seri Harry Potter atau seri The Mysterious Benedict Society. Salah satu manfaat terbesar dari membaca buku anak-anak dengan anak memberikan kebahagaian dan kesenangan untuk Anda dan anak.

Itulah alasan mengapa Anda harus sering membaca dengan anak, selain untuk menumbuhkan gemar membaca. Selalu berikan motivasi agar anak senang membaca, ya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES