Kesehatan

Badan Capek saat Bangun Tidur, Apa Sebabnya?

Minggu, 05 September 2021 - 05:31 | 82.76k
Ilustrasi - Badan Capek saat bangun tidur (Foto: Freepik/tirachardz)
Ilustrasi - Badan Capek saat bangun tidur (Foto: Freepik/tirachardz)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Biasanya saat bangun tidur badan akan terasa lebih segar. Ini karena tubuh kita sudah beristirahat sejenak dari aktivitas sehari-hari. Namun, tak jarang orang justru merasa badan capek saat bangun tidur. Bagaimana bisa?

Ada beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan badan capek saat bangun pagi walaupun Anda yakin sudah tidur cukup. Dilansir dari Hello Sehat, berikut ulasannya.

1. Tidur gelisah

Kebiasaan tidak bisa diam saat tidur kemungkinan menandakan Anda mengalami sindrom kaki gelisah atau restless leg syndrome (RLS). Orang dengan sindrom ini bisa terus-terusan mengalami sensasi tidak nyaman di kedua kakinya, seperti kesemutan atau rasa panas, sehingga tanpa sadar terbiasa menggoyang-goyangkan kaki untuk meredakan sensasi tersebut.

Gelisah.jpgFoto: Freepik/jcomp

Sindrom ini bisa membuat Anda tidak tidur nyenyak meski sudah cukup tidur 7-8 jam. Sebab, Anda akan lebih sering terbangun di tengah malam hingga terus terjebak di fase “tidur ayam” alias setengah tidur-setengah bangun. Kurang tidur inilah yang jadinya membuat badan capek saat bangun pagi.

2. Menggemeretakkan gigi saat tidur

Kebiasaan menggemeretakkan gigi saat tidur (alias bruxism) akan membuat rahang dan otot-otot sekitar mulut terus bergerak dan mengencang sepanjang malam. Kondisi ini akan membuat otot-otot wajah kelelahan yang akan berdampak pada kelelahan seluruh tubuh, karena Anda terus mengeluarkan energi sepanjang malam tanpa Anda sadari. Akibatnya Anda akan merasa lelah saat bangun.

3. Main gadget sebelum tidur

Menggunakan gadget sebelum tidur sepertinya hal sepele yang setiap hari dilakukan. Sayangnya, kebiasaan ini bisa bikin Anda capek saat bangun walaupun sudah tidur cukup.

Cahaya biru yang dipancarkan layar gawai Anda dapat mengganggu kemampuan otak untuk menghasilkan zat melatonin yang memicu ngantuk dan refleks tidur. Alhasil tubuh Anda malah berjuang keras untuk tidur sehingga malah jadi tidak nyenyak.

Itulah tiga penyebab badan terasa capek saat bangun tidur. Jika Anda ingin badan terasa lebih segar setelah bangun tidur, hindari kebiasaan di atas. Jika tidur Anda nyenyak, saat bangun Anda juga akan merasa lebih segar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Hello Sehat

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES