Tekno

Buat Indonesia Bergerak Melalui Aplikasi Virtuathlon

Sabtu, 04 September 2021 - 15:43 | 142.24k
Ramli Alrashid sebagai Founder and CEO Virtuathlon. (FOTO: Virtuathlon)
Ramli Alrashid sebagai Founder and CEO Virtuathlon. (FOTO: Virtuathlon)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Pandemi Covid-19 telah berhasil memaksa manusia untuk lebih sadar akan pentingnya pola hidup sehat. Salah satunya adalah dengan berolahraga sambil tetap menjaga protokol kesehatan. Bagaimana caranya? Virtuathlon hadir menjawab kebutuhan itu.

Aplikasi virtual multisport organizing ini berhasil membantu masyarakat luas baik secara individu maupun komunitas untuk aktif bergerak, berolahraga kapanpun dan di manapun.

Pengguna dapat membuat sendiri atau berkolaborasi dalam sebuah aktifitas, challenge (tantangan), atau gelaran olahraga secara virtual maupun hybrid. Inovasi cerdas ini diciptakan oleh Ramli Alrashid,sebagai Founder sekaligus CEO, serta didukung oleh Weellie Soe sebagai CO-Founder & CMO. Dua orang lulusan Magister Management penerima OCBC NISP Tbk Scholarship di Paramadina Graduate School pada tahun 2016.

Pemuda yang hobi berolahraga ini memiliki mimpi besar bagaimana caranya kegiatan berolahraga yang kini menjadi gaya hidup tidak hanya dinikmati oleh masyarakat urban. Namun juga juga bagi mereka yang ada di daerah.

Tepat momen kemerdekaan RI tahun 2017, Virtuathlon dirilis sebagai aplikasi virtual multisport organizing pertama yang dibuat lewat tangan anak bangsa. Sampai hari ini Virthuatlon telah diunduh lebih dari 12.000 kali di Play Store.

Diciptakanya Virtuathlon sebagai Virtual Mutisport Platform adalah untuk tujuan sosial dan ekonomi. Secara sosial, Virtuathlon dibuat memang untuk menciptakan dampak positif baik secara personal maupun sosial di masyarakat melalui aktivitas-aktivitas olahraga dengan memanfaatkan platform teknologi (aplikasi). 

Kemudian secara ekonomi, tentunya Ramli ingin Virtuathlon dapat menjadi perusahaan startup yang besar sehingga dapat lebih berkembang menjadi salah satu platform yang paling berpengaruh di industri Sport Technology, serta menyerap banyak lapangan pekerjaan khususnya kalangan generasi millennial yang mayoritas cakap di bidang teknologi dan informasi.

Dari awal peluncurannya, setiap bulan selalu ada merek, komunitas, atau lembaga pemerintahan yang tertarik dengan Virtuathlon untuk membuat sebuah gerakan olahraga secara virtual baik untuk ruang lingkup tertutup (internal karyawan) maupun terbuka untuk seluruh masyarakat Indonesia.

virtu thon

Beberapa lembaga atau yayasan juga telah mempercayai Virtuathlon untuk mengelola kampanye misi sosial (charity) yang digabungkan aktivitas berolahraga.

Rekor MURI Virtuathlon sebagai Rekoris:

- 2020: Penggalangan Donasi Pertama dengan Lari Marathon dalam Area Rumah 

- 2021: Gowes Virtual untuk Penggalangan Dana oleh Perempuan Terbanyak
( Bermitra dengan Yayasan Plan International Indonesia )

Keunggulan aplikasi ini dibandingkan yang lain adalah terdapat pada variabel jenis olahraga yang beragam. Ketika inovasi-inovasi sejenis bermunculan, kebanyakan hanya berfokus pada salah satu segmen olahraga saja seperti Running (lari).

Virtuathlon sejak awal sudah bisa memfasilitasi empat segmen olahraga sekaligus yakni Swim, Bike, Run dan Multisport (Duathlon, Aquathlon, Triathlon) mengikuti tren perkembangan segmen olahraga di dunia dan Indonesia.

Menariknya lagi, Virtuathlon dibuat dengan bahasa pemrograman React-Native seperti milik Gojek, Instagram, Facebook, Airbnb, dan Baidu saat itu. Dengan begitu aplikasi ini dapat berkembang lebih cepat lantaran user interface dan experience yang ditawarkan lebih memanjakan pengguna.

Tertarik mencoba Virtuathlon? Unduh sekarang aplikasinya di Play Store atau App Store. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES