Wisata

Masuk Top 50, Desa Wisata Serang Blitar Bersiap Masuk 10 Besar ADWI 2021

Sabtu, 04 September 2021 - 12:34 | 104.74k
Pengunjung sedang menikmati pantai Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar. ( Foto: Dok. TIMES Indonesia)
Pengunjung sedang menikmati pantai Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar. ( Foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITARDesa Wisata Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2021.

Desa Wisata Serang masuk 50 besar bersama 5 desa wisata lain di Jatim, yaitu Desa Wisata Kampung Blekok Kabupaten Situbondo, Desa Wisata Sanankerto Kabupaten Malang, Desa Wisata Kampung Majapahit Bejijong Kabupaten Mojokerto, Desa Wisata Tamansari Kabupaten Banyuwangi dan Desa Wisata Ranupani Kabupaten Lumajang.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Oalahraga (Parbudpora) Kabupaten Blitar Suhendro Winarso mengatakan, pemerintah hadir untuk memberi dukungan dan penguatan untuk Desa Wisata Serang. Pihaknya terus bersinergi dan bekerja sama dengan Desa Wisata Serang. 

"Tentu nanti dari petunjuk Ibu Bupati Blitar, kita akan back up apa yang masih kurang untuk menunjang penilaian 10 besar. Nantinya kita akan mintakan batuan kepada OPD terkait untuk mencukupi kekurangan yang ada,” katanya, Sabtu (4/9/2021).

Menurut Suhendro, Pemkab Blitar Blitar menargetkan Desa Wisata Serang masuk 50 besar pada ADWI 2021 ini. Akan tetapi, dikatakannya, ada petunjuk baru dalam ADWI yaitu dari 50 besar desa wisata akan diambil 10 besar. "Oleh karena itu, Desa Wisata Serang perlu persiapan menuju penilaian 10 besar," sambungnya. 

Suhendro berharap, dengan masuknya Desa Wisata Serang dalam 50 besar ADWI 2021 tersebut bisa menjadi semangat kebangkitan dunia pariwisata di Kabupaten Blitar. Tidak hanya itu, prestasi Desa Serang juga diharapkan bisa menjadi obat bagi dunia pariwisata yang terpukul akibat pandemi Covid-19. 

"Pada akhirnya harapan kami, semangat tersebut bisa menjadi batu loncatan persiapan recovery pariwisata di Kabupaten Blitar,” jelas Suhendro. 

Sementara, menurut Kepala Desa Serang Dwi Handoko, prestasi tersebut bukanlah tujuan utama. Akan tetapi merupakan salah satu pacuan untuk mengembangkan Desa Wisata Serang ke arah yang lebih baik. Terlepas dari itu, Handoko mengutarakan, masyarakat Desa Serang merasa bahagia dan bangga atas pencapaian tersebut. 

"Alhamdulillah tahun ini Desa Wisata Serang dapat masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia dan ini merupakan prestasi yang luar biasa," sebutnya. 

Handoko sebenarnya tidak menyangka Desa Wisata Serang bisa diapresiasi oleh Kemenparekraf untuk masuk 50 besar. Sehingga, Tentu, menjadi tanggung jawab baginya dan masyarakat untuk menjaga keberlanjutan Desa Wisata Serang. 

"Capaian ini permulaan bahwa Desa Wisata Serang yang dulu istilahnya tidak begitu dikenal, sekarang  bisal dikenal di tingkat nasional,” tukas Kades Serang Kabupaten Blitar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES