Ekonomi

Kaget Harga Fantastis di AS, Gubernur Jatim Khofifah Ajak Petani Manfaatkan Gedebog

Sabtu, 04 September 2021 - 09:07 | 131.82k
Gedebog pisang harga fantastis di pasar Amerika Serikat.(Dok.Instagram Khofifah)
Gedebog pisang harga fantastis di pasar Amerika Serikat.(Dok.Instagram Khofifah)

TIMESINDONESIA, SURABAYAGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa nampak kaget saat melihat harga gedebog atau batang pohon pisang mencapai Rp 85 ribu di pasar Amerika Serikat. Hal itu ia sampaikan di laman postingan Instagram miliknya pada Sabtu (4/9/2021). 

"Orang Indonesia nangis lihat harga potongan kecil gedebog pisang yang harganya hampir seratus ribu rupiah di Amerika Serikat ini," tulis Khofifah. 

Ia menambahkan, di sana potongan batang pisang dijual di Hornbill Asian Market, USA seharga $5,95 kurang lebih setara dengan Rp 85.000.  "Bagaimana, tertarik jadi eksportir gedebog pisang?" tawar Khofifah. 

Peluang itu tentu sangat menggiurkan. Masyarakat Indonesia sepertinya belum banyak tahu segudang manfaat batang pohon pisang. Padahal, kandungan gizi batang pohon pisang sama banyaknya dengan buahnya sendiri. 

Masyarakat di Amerika Serikat sudah mempercayai dari dulu jika batang pisang bisa dijadikan sebagai obat ramuan yang bisa mengobati berbagai penyakit berbahaya hingga makanan yang lezat.

Setiap bagian dari pohon pisang memang sangat berguna. Mulai dari buah hingga batang pohon pisang. Maka tak heran jika batang pohon pisang di sana memiliki harga fantastis. Harga tersebut bahkan bisa dikatakan sama rata dengan harga satu kilo daging sapi.

Di Amerika Serikat batang pohon pisang dipotong kecil, kemudian dikemas dengan plastik dan dijual di swalayan.Tentu ini sangat berbeda halnya dengan di Indonesia.

Pohon pisang yang tak lagi berbuah biasanya ditebang atau dibuang begitu saja. Oleh sebab itu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengajak petani lokal memanfaatkan kesempatan ekspor gedebog pisang tersebut. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES