Kesehatan

Manfaat Mendengarkan Musik, Penghilang Stres Hingga Menjaga Jantung

Sabtu, 04 September 2021 - 06:11 | 79.18k
Ilustrasi - Manfaat mendengarkan musik (Foto: Freepik/lookstudio)
Ilustrasi - Manfaat mendengarkan musik (Foto: Freepik/lookstudio)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Musik sering dijadikan sebagai penghilang stres. Banyak yang menganggap musik bisa membuat orang lebih rileks dan tenang. Selain menghilangkan stres, mendengarkan musik juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, lho! Apa saja manfaat mendengarkan musik tersebut? Simak ulasannya berikut, dilansir dari Hello Sehat.

1. Mengatasi sakit kepala kronis dan migrain

Mendengarkan musik bisa membantu meredakan intensitas dan frekuensi kekambuhan sakit kepala kronis serta migrain. Peneliti berteori bahwa mendengarkan lagu dapat memicu lebih banyak pelepasan opioid di otak. Opioid adalah hormon pereda nyeri alami dalam tubuh. Yang lainnya menduga bahwa mendengarkan musik jadi mengalihkan pikiran kita dari rasa sakit tersebut.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Para peneliti dari Universitas Sussex dan Institut Max Planck di Leipzig, Jerman menemukan bahwa produksi antibodi imunoglobin A, garis pertama sistem kekebalan tubuh, meningkat setelah mendengarkan musik upbeat selama 50 menit. Kadar hormon stres yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh juga jadi menurun setelah mendengarkan musik.

3. Menurunkan tekanan darah

Mendengarkan MusikFoto: xframe.io

Menurut penelitian dari American Society of Hypertension, mendengarkan musik klasik gubahan Mozart atau Bach 30 menit setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Menariknya, satu studi dari Jerman mengungkapkan bahwa genre heavy metal yang digawangi band lawas macam Metallica dan Iron Maiden juga dapat menurunkan tekanan darah.

4. Menjaga kesehatan jantung

Mendengarkan musik klasik menurunkan tekanan darah dan detak jantung, sementara musik upbeat yang bikin jejingkrakan akan meningkatkannya. Tempo musik inilah yang memengaruhi relaksasi jantung dan sekaligus meningkatkan fungsi pembuluh darah arteri Anda untuk bisa rileks.

5. Membantu pemulihan setelah stroke

Pada eks-pasien stroke, manfaat musik ini bisa membantu memulihkan kemampuan mereka untuk berbicara dan bergerak. Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik dapat meningkatkan rangsangan visual pada pasien yang mengalami gangguan penglihatan setelah stroke.

6. Mengurangi pegal-pegal

Mendengarkan-Musik-a.jpgFoto: xframe.io

Irama musik dapat mengurangi ketegangan otot setelah aktivitas fisik berat. Selain itu, musik juga dapat memperluas jangkauan gerak dan koordinasi tubuh.

Tak heran jika terapi musik menjadi bagian yang sangat penting dalam rehabilitasi penyandang gangguan gerak. Manfaat musik ini juga tercermin pada orang-orang yang memiliki nyeri otot kronis.

Itulah enam manfaat mendengarkan musik untuk kesehatan tubuh. Anda bisa mendengarkan musik sambil melakukan aktivitas lain seperti berkebun, membaca, atau olahraga ringan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES