Kesehatan

Manfaat Tak Terduga Diet Air Putih Hangat di Pagi Hari

Sabtu, 04 September 2021 - 04:31 | 93.43k
Ilustrasi - diet air putih hangat (Foto: Freepik/artursafronovvvv)
Ilustrasi - diet air putih hangat (Foto: Freepik/artursafronovvvv)

TIMESINDONESIA, JAKARTADiet air putih hangat setiap pagi sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Menurut homefitnesslife, studi menunjukkan bahwa minum air putih hangat setiap pagi dapat mempercepat penurunan berat badan.

Secangkir air panas atau hangat (tidak lebih dari 50 derajat Celcius) sebelum atau sesudah makan.

Air putih hangat akan meningkatkan pencernaan dengan memecah molekul lemak dalam makanan dan menghangatkan saluran usus, sehingga mengurangi konstipasi.

Dilansir dari lifehack, berikut manfaat tak terduga jika mengonsumsi air hangat setiap pagi.

1. Mencegah Penuaan Dini

Tidak ada yang ingin mempunyai usia yang prematur. Namun, racun dalam tubuh dapat menyebabkan penuaan yang lebih cepat dari kenyataan. Ketika tubuh menumpuk racun, maka itu akan menjadi lebih rentan terhadap penyakit.

Air putih hangat dapat membantu membersihkan tubuh dari racun. Selain itu dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit yang dapat menyebabkan peningkatan pada elastisitas kulit.

2. Meringankan Rasa Sakit

Minum-Air-Putih-a.jpgFoto: xframe.io

Obat paling alami dan ampuh untuk mengurangi rasa sakit dari kram saat menstruasi adalah air putih hangat. Air hangat dapat melemaskan otot-otot perut dan membantu meringankan nyeri haid.

Selain itu, air hangat merupakan obat yang efektif untuk semua jenis kram karena meningkatkan sirkulasi kapiler dan membantu mengendurkan otot-otot di dalam tubuh.

3. Memperbaiki Pencernaan

Minum segelas air hangat di pagi hari dapat merangsang sistem pencernaan dan membantu tubuh untuk lebih mencerna dengan baik dan menghilangkan makanan.

Minum air dingin setelah makan dapat menjadi kontraproduktif. Hal ini disebabkan karena air dingin setelah makan justru akan memadatkan minyak dan lemak.

Hal itu membuat pencernaan lebih sulit. Maka dari itu, sebaiknya menggantu segelas air dingin dengan air hangat.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Minum-Air-Putih-b.jpgFoto: xframe.io

Diet dengan meminum air putih hangat setiap pagi sangatlah terbukti. Air hangat akan meningkatkan suhu tubuh, yang nanti pada gilirannya akan meningkatkan metabolisme pada tubuh.

Peningkatan aktivitas metabolik memberi tubuh kemampuan untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Tak hanya air putih biasa, segelas air putih hangat dengan lemon akan membantu tubuh memecah jaringan lemak tubuh. Air putih hangat dan lemon juga akan mengontrol keinginan makan, karena lemon mengandung serat pektin. 

Itulah ragam manfaat minum air putih hangat di pagi hari untuk kesehatan tubuh. Masih ragu untuk membiasakan diet air putih hangat? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES