Gaya Hidup

Tips Mudah Mengatasi Fobia Ketinggian

Sabtu, 04 September 2021 - 03:29 | 165.86k
Ilustrasi - Tips mengatasi Fobia ketinggian (Foto: nicrulez)
Ilustrasi - Tips mengatasi Fobia ketinggian (Foto: nicrulez)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Seseorang yang mengalami fobia ketinggian bisa mengalami panik atau kecemasan yang berlebihan begitu tahu dirinya berada di ketinggian. Akibatnya, seseorang dengan kondisi ini tidak akan mau berada di ketinggian.

Penanganan fobia atau ketakutan yang berlebihan sebenarnya bisa dilakukan dengan menghindari pemicunya. Dilansir dari Dokter Sebat, berikut ini beberapa cara mengatasi fobia ketinggian.

1. Terapi pemaparan

Terapi pemaparan ini dilakukan untuk membuat seseorang dengan acrophobia (takut ketinggian) terbiasa dengan ketinggian. Kalau terbiasa dengan ketinggian, rasa takut biasanya akan hilang perlahan-lahan.

2. Cognitive behavioral therapy

tips-mengatasi-fobia-ketinggian-b.jpgFoto: lemonilo

Terapi ini dilakukan untuk memprogram ulang apa yang terjadi pada tubuh. Misal ketakutan yang berlebihan diubah menjadi hal biasa atau dipertanyakan lagi kenapa ketakutan bisa muncul. Cara ini membutuhkan terapis.

3. Menggunakan obat tertentu

Obat ini tidak digunakan untuk mengobati fobia, tapi gejala berlebihan yang ditimbulkan. Penderita bisa menggunakan Beta-blockers atau Benzodiazepines.

4. Menggunakan VR atau virtual reality

tips mengatasi fobia ketinggianFoto: lemonilo

Dengan menggunakan perangkat ini, penderita bisa belajar menangani rasa takutnya tanpa khawatir melukai dirinya sendiri.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatask fobia ketinggian. Lakukan tips di atas secara berulang agar Anda segera bebas dari fobia ketinggian tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES