Wisata

Danau Kastoba, Wisata Paling Ciamik di Pulau Bawean Gresik

Kamis, 02 September 2021 - 11:33 | 96.56k
Wisatawan saat menikmati keindahan Danau Kastoba. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Wisatawan saat menikmati keindahan Danau Kastoba. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Wisata apa yang paling ciamik di Kabupaten Gresik, Jawa Timur? Salah satu jawabannya adalah Danau Kastoba, Pulau Bawean.

Danau ini terletak di Desa Paromaan, Kecamatan Tambak. Berada di puncak ketinggian dan berada di tengah-tengah Pulau Bawean. 

Danau-Kastoba-4.jpg

Dengan prasarana jalan setapak dan melewati keindahan rimbunan pohon-pohon raksasa berumur ratusan tahun. Untuk menikmati keindahan dan pesona wisata ini dapat dicapai dengan berjalan kaki.

Karena danau ini berada di atas bukit, wisatawan memerlukan usaha lebih untuk mencapai objek wisata alam ini. Wisatawan harus berjalan sejauh 1 kilometer dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk naik ke puncak bukit, ada ratusan anak tangga dan semak belukar yang harus dilalui. Namun semua itu akan terbayar telah sampai di tepi danau. 

Danau-Kastoba-3.jpg

Direkomendasikan para pengunjung datang bersama keluarga. Karena di sana wisatawan bisa mengabadikan momen cantik yang ada. Terdapat banyak spot berfoto yang keren dengan latar belakang danau serta pemandangan alam yang indah. Pembaca bisa membayangkan keindahan itu dari foto-foto yang disuguhkan oleh TIMES Indonesia ini.

Selain itu, hamparan air tawar yang ada di danau ini banyak dihuni oleh ikan mujair. Berdasarkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Timur, Danau Kastoba merupakan salah satu obyek Cagar Alam yang dilindungi di Bawean. Artinya, obyek ini tidak boleh diakses oleh wisatawan dalam jumlah yang besar.

Wisata Gratis

Danau-Kastoba.jpg

Selain aksesnya yang mudah, wisata ini juga buka selama 24 jam. Wisatawan juga tidak dipungut biaya sepeserpun untuk memasukinya. Alias gratis. 

Namun meski begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh wisatawan. Pertama adalah jangan membuang sampah sembarangan untuk menjaga keasrian dari Danau Kastoba.

Kedua, bersikap sopan dan menghargai legenda yang terdapat di Danau Kastoba karena danau ini tekenal mistis di masyarakat umum Bawean. 

Dan yang terpenting adalah jangan lupa untuk berdoa dan memohon keselamatan ketika berkunjung ke objek wisata ini. Jika itu sudah dilakukan, wisatawan bisa menikmati keindahan Danau Kastoba Pulau Bawean Gresik dengan nikmat dan ketenangan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES