News Commerce

18 Rekomendasi Aplikasi Laporan Keuangan Populer 2021

Kamis, 02 September 2021 - 11:01 | 29.13k
18 Rekomendasi Aplikasi Laporan Keuangan Populer 2021
Ilustrasi: Aplikasi Laporan Keuangan. (FOTO: pintaria)
Editor: Deasy Mayasari

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha tentu saja kan membutuhkan yang namanya alat bantu laporan keuangan untuk bisnis agar bisa tertata rapi. Karena dengan adanya media penunjang ini membantu untuk membuat laporan keuangan perusahaan lebih mudah. Berikut 18 Rekomendasi Aplikasi Laporan Keuangan Populer 2021.

Saat ini, sudah banyak bisnis yang mulai menggunakan aplikasi laporan keuangan untuk  mengelola pemasukan dan pengeluaran setiap transaksi. Sehingga menghasilkan jurnal laporan keuangan yang lengkap, tidak salah, dan sesuai dengan plot yang seharusnya.

Sebelum tahu mengenai apa saja aplikasi laporan keuangan, maka Anda harus tahu apa itu pembukuan.

Pembukuan akuntansi merupakan suatu proses pencatatan yang dilakukan secara teratur untuk bisa mengelola juga mengatur keuangan usaha dan informasi keuangan meliputi modal, kewajiban, keuntungan, harta, dan biaya lain.

Tidak hanya sekedar informasi keuangan saja juga meliputi seperti jumlah harga perolehan  dan penyerahan barang dan jasa yang nantinya akan tersusun sebuah laporan keuangan seperti laporan laba rugi untuk periode tertentu.

Untuk itulah pentingnya dibuat laporan keuangan dalam sebuah usaha atau bisnis, dan berikut ini simak bahasan mengenai Rekomendasi Aplikasi Laporan Keuangan Populer 2021.

Rekomendasi Aplikasi Laporan Keuangan Populer 2021

1. Jurnal

Jurnal menjadi salah satu aplikasi laporan keuangan yang berbasis cloud dan program ini cocok untuk kebutuhan bisnis berskala kecil sampai menengah atau sektor UMKM. Aplikasi ini terbilang mudah, juga gratis untuk digunakan, dimana memiliki kemudahan dalam membuat laporan keuangan yang lebih akurat dan tepat.

Dilansir dari halaman situsnya https://www.jurnal.id/id/fitur/laporan-keuangan-bisnis/, Jurnal memiliki fitur lengkap dalam pencatatan keuangan, pembuatan faktur, pencatatan biaya, pemasukan, pengeluaran, persediaan, manajemen asset dan sebagainnya. Kelebihan jurnal ini yaitu bisa diakses dari mana saja dan kapan saja tanpa takut kesulitan menggunakannya.

Untuk yang masih ragu tentu saja bisa mencoba untuk melakukan uji coba gratis selama 14 hari pertama.

2. Quickbooks

Aplikasi laporan keuangan pertama adalah Quickbooks. Aplikasi ini memiliki kemampuan membuat faktur dan Anda bisa melampirkan foto juga catatan untuk faktur dan transaksi membuat laporan keuangan seperti laporan penjualan, laporan laba rugi, laporan neraca, laporan pembelian, dan sebagainya.

Kelebihan dari aplikasi ini dimana pengguna bisa melakukan pengelompokkan pada setiap transaksi pendapatan sehingga Anda bisa membuat laporan laba rugi berdasarkan kelompok yang tepat. Dan juga bisa mengaksesnya melalui ponsel android juga komputer dan sudah terkoneksi dengan internet.

3. Wave

Wave adalah sebuah software laporan keuangan yang berasal dari Amerika Serikat dan sudah digunakan lebih dari ratusan ribu penggunanya. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang lengkap seperti bisa melakukan pengiriman invoice, pencatatan keuangan, dan bisa membuat kwitansi secara online.

Kelebihan dari Wave ini memiliki tampilan yang menarik, sehingga tidak perlu melakukan instalasi program dulu, juga tersedia fitur yang cukup lengkap. Namun, aplikasi ini tidak ada fitur dukungan untuk stok dan inventory.
Sebab aplikasi ini dibuat hanya untuk digunakan di Amerika Serikat dan Kanada maka dari itu aplikasi ini akan terlihat aneh jika digunakan di Indonesia.

4. Freshbooks

Freshbooks juga menjadi salah satu aplikasi laporan keuangan yang berbasis cloud dimana penggunaannya mudah khususnya untuk usaha kecil. Aplikasi bisa untuk melayani invoice, report, dan time tracking.
Dimana aplikasi ini memiliki fitur-fitur dan salah satunya bisa melacak pendapatan secara otomatis dan pengingat untuk transaksi pembayaran.

Freshbooks juga bisa mengatasi faktur pajak untuk semua project yang dilakukan sehingga bisa mengatur keuangan lebih efektif juga efisien.

5. Money Lover

Aplikasi laporan keuangan berikutnya yaitu Money Lover. Aplikasi yang berlogo celengan berwarna hijau dengan gambar babi ini menjadi salah satu program manajemen keuangan dan anggaran. 

Dimana aplikasi buatan Finsify Technology Company Limited ini mampu membantu dalam meringankan pekerjaan akuntansi. Dengan hadirnya Money Lover, Anda bisa membuat anggaran, memantau pengeluaran, melihat tabungan, sekaligus mencatat tagihan bulanan sampai  sebagai pengingat hutang piutang perusahaan.

6. Expense Manager

Aplikasi selanjutnya yang bisa Anda coba yaitu Expense Manager. Dimana aplikasi ini bisa digunakan di ponsel dan juga komputer secara mudah. Aplikasi ini memiliki fitur yang beragam dan terbilang lengkap.

Dan dengan adanya fitur ini bisa membantu dalam membuat laporan keuangan yang mudah, lengkap juga akurat. Juga menghindari adanya kesalahan atau miss dalam membuat laporan. Untuk menggunakan aplikasi ini mudah, karena bisa diunduh baik di playstore dan juga Appstore.

7. Money Manager Expense & Budget

Berikutnya ada program untuk membuat laporan keuangan menjadi lebih tepat dan akurat dengan aplikasi Money Manager Expense & Budget . Dengan aplikasi ini Anda bisa lebih mudah melacak aktivitas pemasukan juga pengeluaran dengan cara yang mudah.

Dengan adanya pilihan bahasa untuk program ini seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Jepang, Korea, Rusia, Bahasa Hindi, Jerman, Prancis, dan bahasa lainnya. Dengan demikian laporan keuangan bisa terkontrol lebih ketat.

8. GnuCash

GnuCash merupakan sebuah aplikasi akuntansi yang dibuat untuk perorangan dan juga usaha kecil & menengah (UKM). Dimana awalnya aplikasi ini sebagai alternatif sumber terbuka untuk aplikasi seperti Intuit’s Quicken.

GnuCash juga tersedia untuk Linux, GNU, OpenBSD, FreeBSD, Android, OS X dan Windows, dan mulai populer sejak akhir 1990-an.

GnuCash bisa digunakan untuk membuat faktur dan nota kredit, hutang dan piutang, biaya karyawan dan beberapa fitur penggajian, dan mendukung berbagai mata uang, kartu dan akun. Dimana aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan oleh perusahaan yang berskala kecil.

9. TurboCASH

Lalu aplikasi laporan keuangan lainnya bernama TurboCASH yang menjadi aplikasi akuntansi gratis yang sudah ada sejak April 1985. Dimana TurboCASH ini paling populer di Eropa, Amerika Serikat, Kanada dan Australia.

Aplikasi ini juga tersedia dalam 23 bahasa dan menawarkan komunitas online lebih dari 100.000 pengguna.

Aplikasi yang dirancang untuk usaha kecil dan menengah (UKM), dengan fiturnya yang mencolok, namun TurboCASH ini dapat membantu dalam menangani PPN, debitur dan kreditur, pesanan pembelian, perusahaan dan banyak pengguna lainnya.

10. NCH Express Invoice

Aplikasi bernama NCH Express Invoice ini sudah didukung untuk PC, Mac, iPad dan Android, NCH Express Invoice bisa melayani banyak jenis bisnis. Apabila Anda memiliki kurang dari lima anggota staf, maka dapat memilikinya dengan gratis tanpa batasan waktu atau lainnya. NCH Express Invoice dibuat untuk membuat faktur, nota dan pesanan secara mudah, bisa mengotomatisasi yang berulang dan dikirim melalui email atau lewat faks, dan ada banyak laporan yang bisa untuk ditelusuri.

11. VT Cash Book

Jika dilihat dari sisi tampilan VT Cash Book ini tidak terlalu menarik. VT Cash Book memiliki fungsi untuk merekam transaksi tunai sehari-hari. Dengan menggunakan Autocomplete untuk mempercepat entri data, mendukung banyak rekening bank dan rekonsiliasi bank. Juga dapat digunakan untuk menyiapkan perhitungan PPN dan memungkinkan untuk membuat laporan laba dan rugi, neraca keuangan dan buku kas induk.

12. Invoice Expert

Dengan versi yang gratis dari Invoice Expert ini terbatas hanya untuk 100 pelanggan/ produk. Dan untuk versi berbayarnya ada banyak fitur tambahan seperti dukungan untuk dan manajemen pelanggan, faktur dan nota, pesanan pembelian dan manajemen stok barang.

Aplikasi laporan keuangan gratis ini agak kurang menarik pada bukaan pertama, terutama di layar penyuntingan template, namun secara keseluruhan aplikasi ini cukup mudah untuk digunakan. Dimana Invoice Expert menggunakan lokasi Windows Anda untuk mengatur mata uang lebih mudah dipahami.

13. Adminsoft Accounts

Memang untuk mencari aplikasi yang diberikan secara gratis tanpa iklan, penyertaan aplikasi tambahan atau motif tersembunyi memang terbilang sulit, namun hal ini bisa digambarkan untuk aplikasi AdminSoft Accounts. Karena ada lebih dari ratusan ribu orang telah memanfaatkan AdminSoft Accounts yang bisa digunakan gratis dan sangat menyeluruh.

Adminsoft Accounts mampu membantu dalam menangani seperti pembuatan faktur, menyertakan saran pengiriman, kontrol stok barang, pesanan pembelian, penganggaran dan beberapa fungsi SDM. Adminsoft Accounts. Sehingga aplikasi ini terbilang lengkap, mudah digunakan dan gratis pula.

14. QuickFile

Aplikasi ini memang khusus untuk non-akuntan, aplikasi yang bernama QuickFile menawarkan versi gratis untuk usaha kecil. Dan dengan dukungan dalam hal mengirimkan faktur otomatis, manajemen struk pembelian, kutipan dan dukungan banyak mata uang.

QuickFile berbasis aplikasi cloud, dan jika Anda butuh versi gratis, maka aplikasi ini dapat meningkatkan ke versi bebas iklan, lebih canggih dengan faktur massal, riwayat revisi, dan sejumlah fitur yang bermanfaat dengan harga yang rendah.

15. Apache OpenOffice

Jika Anda tidak butuh program akuntansi gratis khusus, terutama untuk kebutuhan yang cukup mudah. Maka untuk bisnis dan pedagang, yang Anda perlukan hanyalah spreadsheet sederhana  dan gratis, dan aplikasi office Apache OpenOffice menjadi salah satu pilihannya.

Anda bisa jelajahi pustaka template setelah mendownload dan menginstalnya, karena tersedia banyak template yang dibuat pengguna yang dapat disesuaikan dengan mudah sesuai kebutuhan. Dimana tidak hanya untuk akuntansi saja, tapi juga untuk tugas bisnis umum lainnya.

16. Expense Tracker

Draw Puzzle Game sebagai pengembang yang menghadirkan aplikasi Manajer Uang, Expense Tracker. Dengan aplikasi ini dimana tool keuangan bisa membantu untuk merekap juga melacak keuangan pribadi. Dan menariknya aplikasi ini dibuat dengan tampilan menarik namun sederhana dan tidak sulit digunakan.

Dan untuk fitur aplikasi Expense Tracker juga menyediakan Income Tracker yang mudah digunakan, melacak dari rekapan pendapatan & pengeluaran, menyediakan bagan pinjam pengeluaran juga pemasukan. Dimana aplikasi ini terdapat 11 bahasa termasuk bahasa Indonesia, dan juga sedikit iklan aktifnya.

17. Aplikasi Business Financial Records

Satu lagi aplikasi laporan keuangan yang tidak boleh dilewatkan sebagai aplikasi merekap keuangan yaitu aplikasi Business Financial Records. Aplikasi ini menjadi aplikasi yang cocok untuk digunakan oleh usaha kecil menengah atau UKM. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk usaha retail, reseller, dropship, produksi dan lain sebagainnya.

Dimana aplikasi Business Financial Records ini dikembangkan oleh Badr Interactive dengan fitur utama yang lengkap seperti ada pencatatan pengeluaran dan pemasukan, pengelola persediaan barang, pencatatan piutang dan utang, analisis keuangan dan banyak lagi lainnya.

Dan aplikasi ini termasuk dalam kategori bisnis, yang sudah diunduh mencapai 100 ribuan lebih. Untuk ukuran aplikasi ini cukup ringan hanya 7,7 MB. 

18. Aplikasi JMC IT

Sebelum memiliki aplikasi laporan keuangan mana yang tepat dan sesuai, maka jangan sampai keliru memilih aplikasi untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran. Keunggulan dari aplikasi Catatan Keuangan Harian JMC IT ini dengan tampilannya yang sederhana. Sehingga aplikasi ini cukup mudah digunakan siapa saja termasuk untuk pengguna pemula.

Aplikasi yang dibuat oleh JMC IT CONSULANT ini memiliki keistimewaan ketika melakukan pembukuan. Dimana jika ada tulisan yang sama maka Anda hanya cukup mengcopy saja seperti di PC/laptop. Aplikasi ini memiliki ukuran yang ringan hanya 13 MB saja, sehingga mudah digunakan.

Nah, dengan demikian itulah bahasan mengenai 18 Rekomendasi Aplikasi Laporan Keuangan Populer 2021, semoga menjadi manfaat.



Publisher : Rochmat Shobirin

EKORAN

TERBARU

  • Dinas Perkim Sarankan Penerima Bantuan RTLH Fokus Peningkatan Kualitas Bangunan
    Dinas Perkim Sarankan Penerima Bantuan RTLH Fokus Peningkatan Kualitas Bangunan
    28/09/2021 - 20:22
  • PT Pertamina Patra Niaga Papua-Maluku Fokus Kembangkan Program Tubo Edutourism
    PT Pertamina Patra Niaga Papua-Maluku Fokus Kembangkan Program Tubo Edutourism
    28/09/2021 - 20:18
  • Setelah Ketua RT dan RW, Bupati Jember Bakal Daftarkan Nelayan Jadi Peserta BPJAMSOSTEK
    Setelah Ketua RT dan RW, Bupati Jember Bakal Daftarkan Nelayan Jadi Peserta BPJAMSOSTEK
    28/09/2021 - 20:14
  • Bentuk Karakter Anggota, Polres Malang Gelar Pelatihan Revolusi Mental
    Bentuk Karakter Anggota, Polres Malang Gelar Pelatihan Revolusi Mental
    28/09/2021 - 20:10
  • Sosialisasi CHSE dan PeduliLindungi, Disparbudpora Minta Pelaku Wisata Segera Ajukan QRCode 
    Sosialisasi CHSE dan PeduliLindungi, Disparbudpora Minta Pelaku Wisata Segera Ajukan QRCode 
    28/09/2021 - 20:06

TIMES TV

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

01/04/2021 - 15:58

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi
Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo

Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo
Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan

Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan
The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Program Kotaku di Indramayu: Apa dan Bagaimana?
    Program Kotaku di Indramayu: Apa dan Bagaimana?
    24/09/2021 - 19:12
  • Upaya Sederhana Basmi Dosa Besar Dalam Dunia Pendidikan
    Upaya Sederhana Basmi Dosa Besar Dalam Dunia Pendidikan
    24/09/2021 - 11:01
  • ”Bahasa” Orang Miskin
    ”Bahasa” Orang Miskin
    21/09/2021 - 15:55
  • Vaksin Dipacu, Wsbk Melaju
    Vaksin Dipacu, Wsbk Melaju
    21/09/2021 - 13:14
  • Menuju Pendidikan yang Berkualitas
    Menuju Pendidikan yang Berkualitas
    21/09/2021 - 12:55
  • Agama Cinta Gus Dudung Abdurrachman, Sang Jenderal Bernasab Sunan Gunung Jati
    Agama Cinta Gus Dudung Abdurrachman, Sang Jenderal Bernasab Sunan Gunung Jati
    21/09/2021 - 09:58
  • Mengenang Isa Hasanda Pendiri SBT, 12 Tahun Dari Bui ke Bui
    Mengenang Isa Hasanda Pendiri SBT, 12 Tahun Dari Bui ke Bui
    20/09/2021 - 17:51
  • Pengakaran Kembali Pancasila di Masyarakat
    Pengakaran Kembali Pancasila di Masyarakat
    20/09/2021 - 13:25

KULINER

  • Cerita Dua Mahasiswa Tekuni Bisnis Kuliner di Era Pandemi
    Cerita Dua Mahasiswa Tekuni Bisnis Kuliner di Era Pandemi
    28/09/2021 - 18:51
  • Maknyus dan Ramah Kantong, Soto Bening Mbah Kromo Jember Tak Pernah Sepi
    Maknyus dan Ramah Kantong, Soto Bening Mbah Kromo Jember Tak Pernah Sepi
    28/09/2021 - 18:18
  • Merasakan Nikmatnya Ubi Cilembu di Pamongkoran Kota Banjar
    Merasakan Nikmatnya Ubi Cilembu di Pamongkoran Kota Banjar
    27/09/2021 - 05:49
  • Kujipang Tuse, Cemilan Gurih dan Nikmat Oleh-oleh Khas Indramayu
    Kujipang Tuse, Cemilan Gurih dan Nikmat Oleh-oleh Khas Indramayu
    27/09/2021 - 01:27
  • Jerome Polin Membuat Menantea Matos Banjir Pengunjung
    Jerome Polin Membuat Menantea Matos Banjir Pengunjung
    26/09/2021 - 10:05