Gaya Hidup

Tidur Nyenyak dan Jalan-jalan jadi Bagian Gaya Hidup Sehat

Kamis, 02 September 2021 - 02:51 | 48.78k
Jalan Kaki (Foto: Tescoliving)
Jalan Kaki (Foto: Tescoliving)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Membangun kebiasaan sehat dan menjalani gaya hidup sehat seolah sebuah pekerjaan yang berat, padahal tidak begitu. Tidur nyenyak, jalan-jalan, minum banyak air, adalah sebagian dari pola hidup sehat.

Untuk membuat perjalanan lebih mudah, seperti ditulis di blog Fabulessly Frugal,  cobalah menemukan sesuatu yang bisa terus mendorong anda menuju gaya hidup sehat.

Mungkin anda ingin memberikan contoh yang baik untuk anak-anak anda, mungkin Anda ingin memiliki lebih banyak energi sepanjang hari, atau mungkin hal lain.

Apa pun itu, ingatlah selalu untuk mengingatkan diri sendiri mengapa anda harus memulai melakukannya.

gaya hidup b Tidur nyenyak.(KlikDokter)

Berikut ini ada 10 tips hidup sehat sederhana yang bisa anda lakukan. Cukup mudah kok:

1.Makan Makanan Rumahan

Dengan memasak makanan sendiri di rumah, anda akan memiliki lebih banyak kontrol atas bahan-bahan makanan yang anda gunakan. Ini berarti anda bisa makan lebih sehat dan anda bisa berbelanja sesuai dengan apa yang dijual. Ini jelas bermanfaat untuk kesehatan ran dompet anda.

2. Rencanakan Makanan Anda

Merencanakan mau makan apa, adaalah satu tips hidup sehat yang paling penting dalam daftar ini, karena ini membantu makan lebih baik dan menghemat lebih banyak waktu serta uang untuk makan.

Jika anda ingin menghemat lebih banyak waktu, cobalah memasak makanan anda dalam jumlah besar sehingga anda akan memiliki sisa untuk nanti. Makanan freezer yang sehat adalah pilihan bagus lainnya.

3. Minum Air yang Banyak

Tetap terhidrasi sangat penting untuk hidup sehat. Berusahalah untuk selalu mendapatkan jumlah air yang disarankan setiap hari. Untuk orang dewasa, itu berarti sekitar 8,8 ons porsi air per hari.

Jika Anda tidak cukup air setiap hari, akan bisa mengalami tingkat energi yang rendah, sakit kepala, serta masalah lainnya. 

Salah satu cara terbaik untuk tetap terhidrasi sepanjang hari adalah membawa botol air setiap saat. Ini tentu mudah untuk dilakukan.

4. Jadikan Latihan Menyenangkan

Ini bicara tentang olahraga: Jika tidak menyenangkan, rasanya seperti pekerjaan. Anda mungkin tidak akan mau melakukannya bila seperti itu.

Berolahraga itu sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik. Karena itu harus mencoba menemukan cara untuk memasukkannya ke dalam pola hidup sehari-hari, tanpa merasa seperti tugas.

Beberapa cara untuk melakukannya adalah dengan mulai berolahraga dengan teman, bergabung dengan kelas, dan yang terpenting, temukan sesuatu yang anda sukai. Jika anda suka bermain tenis, bermainlah tenis  Jika anda suka berada di air, maka berenanglah.

5. Jalan-jalan

Jalan kaki merupakan salah satu cara berolahraga yang paling menyenangkan. Ketika anda berada di alam menghirup udara segar itu hanya memiliki cara untuk menenangkan pikiran anda, tapi mungkin itu hanya saya!

Jika anda ingin membuatnya lebih menyenangkan, mintalah seorang teman untuk bergabung dengan anda dan ubahlah menjadi jalan-jalan dan obrolan.

6.Tidur yang Nyenyak

Tidur adalah salah satu hal terpenting bagi tubuh dan pikiran kita. Menurut HealthNavigator.org, kurang tidur bisa sebabkan kantuk di siang hari, sakit kepala, memori buruk, kecemasan dan depresi dan banyak lagi.

Bagi orang dewasa, anda harus tisur antara 7-9 jam sehari. Jadi cobalah untuk melakukannya.

Jelas tidak akan mungkin setiap malam, karena hidup anda mungkin sibuk. Tetapi salah satu cara terbaik untuk memastikan tidur yang sehat adalah pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

Untuk membuatnya lebih mudah, cobalah membuat rutinitas sebelum tidur, seperti membaca buku sebelum tidur. Penting juga untuk menghindari waktu layar setidaknya satu jam sebelum tidur.

7. Berdiri

Jika anda pekerja kantoran atau di beberapa pekerjaan di mana anda lebih banyak duduk, maka sangat penting untuk menjaga postur tubuh yang tepat. Anda juga harus mencoba berdiri dan bergerak setiap 30 menit atau lebih untuk membuat darah anda mengalir.

Dengan terlalu banyak duduk dalam satu waktu, bisa meningkatkan risiko penyakit jantung serta akan lebih mudah menambah berat badan, atau bisa dapat melukai punggung anda, dan itu sebagian kecil masalah yang mungkin akan anda hadapi.

8. Letakkan Ponsel

Di zaman sekarang ini, kita semua tahu betapa kecanduan terhadap media sosial. Ini seperti lubang hitam tak terbatas dari konten menarik yang baru saja kita hisap.

Sebagian besar waktu itu tidak berbahaya, tetapi kadang-kadang terlalu berlebihan dan kita akhirnya menghabiskan terlalu banyak waktu di ponsel kita. Saat itulah bisa mulai memiliki efek negatif.

Jika Anda mendapati diri anda menggulir ponsel selama berjam-jam atau tepat saat bangun tidur, itu mungkin tanda kecanduan media sosial.

Jika anda menemukan bahwa anda mungkin kecanduan media sosial dan anda pikir itu bisa mempengaruhi kesehatan anda, mungkin sudah waktunya untuk detoks media sosial.

9. Meditasi

Meditasi itu menarik. Beberapa orang menganggapnya benar-benar konyol. Namun meditasi memiliki banyak manfaat yang terbukti secara ilmiah dan sangat bagus untuk kesehatan mental dan fisik anda.

Menurut Science of People, manfaat meditasi: mengurangi stres, meningkatkan fokus dan memori, membuat lebih kreatif, meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan masih banyak lagi.

Semua manfaat itu bisa anda dpaatkan hanya dalam 10 menit setiap hari.

Jika anda ingin mencobanya,  mulailah dengan mudah dengan menggunakan aplikasi seperti Headspace atau Calm untuk meditasi terpandu.

Jika ternyata meditasi bukan untuk anda, anda masih bisa memanfaatkan hobi yang menenangkan seperti menggambar atau mewarnai. Itu selalu baik untuk membiarkan otak anda beristirahat dan menjadi kreatif sesekali.

10. Habiskan Waktu Bersama Keluarga dan Teman

Ini jelas dan penting untuk dilakukan. Menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman adalah tentang hidup dan itu bagus untuk kesejahteraan anda.

Jadi, jangan takut untuk mengambil jeda sesekali untuk menghabiskannya bersama orang-orang tersayang. Anda bahkan bisa mengambil hari tinggal di rumah untuk kesenangan keluarga sehari penuh.

Itulah 10 tips bila anda ingin mempertahankan gaya hidup sehat yang tidak harus menjadi sebuah pekerjaan rumah. Jika itu penting bagi anda dan anda mendedikasikan diri anda untuk itu, makan anda harus benar-benar menemukan bahwa itu menjadi lebih mudah dan lebih mudah seiring berjalannya waktu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES