Kesehatan

Kematian Akibat Kanker Cukup Besar, Ini Pesan Bupati Kepada YKI Cabang Lamongan

Selasa, 31 Agustus 2021 - 21:52 | 51.70k
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat melantik pengurus baru Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Lamongan masa bakti tahun 2021-2024, Selasa (31/8/2021). (Foto : Prokopim Lamongan for TIMES Indonesia)
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat melantik pengurus baru Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Lamongan masa bakti tahun 2021-2024, Selasa (31/8/2021). (Foto : Prokopim Lamongan for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Kasus kematian akibat kanker cukup besar di Indonesia. Untuk itu, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengajak Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Lamongan terus melakukan pencegahan dini dan kewaspadaan dini dengan gencar melakukan edukasi terkait kanker kepada masyarakat.

“Pencegahan dini dan kewaspadaan dini yang dilakukan oleh yayasan kanker ini sungguh sangatlah tepat. Untuk terus memberikan satu wawasan, satu pengertian, satu pemahaman,” ujar Pak Yes usai melantik Kepengurusan YKI Cabang Lamongan di Pendopo Lokatantra Lamongan, Selasa (31/8/2021).

Terlebih lagi, lanjut Pak Yes, apabila nanti YKI melakukan sebuah gerakan untuk terus memberikan pengertian kepada masyarakat agar terus melakukan kewaspadaan dini dalam penanggulangan kanker di Lamongan. “Yakni dengan memberi edukasi baik secara langsung maupun melalui media,” ucapnya.

Yuhronur-Efendi.jpg

Sesuai data dari WHO (World Health Organization), Pak Yes menyebutkan bahwa kasus  kanker di Indonesia sudah mencapai 396.914 kasus dengan total kematian 234.511, yang artinya lebih dari 60 persen kasus kematian telah terjadi di tahun 2020.

“Tertinggi dari kasus yang ada ini adalah kasus kanker payudara dengan 65.858 kasus baru, atau sekitar 16,6 persen, dan dari kasus itu 22.430 meninggal dunia,” katanya.

Selanjutnya, sambung Pak Yes, kanker serviks dengan 36.633 kasus atau sekitar 9,2 persen, kemudian kanker paru-paru, kanker hati dan kanker nasofaring/ tenggorokan. “Rata-rata kasus ini diketahui setelah 70 persen dalam stadium lanjut,” tuturnya.

Kepengurusan YKI Lamongan masa bakti tahun 2021-2024 yang baru dilantik ini diketuai oleh Ibu Anis Kartikawati Yuhronur Efendi. Turut hadir dalam acara pelantikan, Sekretaris YKI Cabang Koordinator Jawa Timur, Ibu Gardjati Heru Tjahjono dan Ibu Ida Kardani, juga Konsultan Dokter Spesialis di YKI Lamongan dr. Supratikto, SpOG.

YKI-Lamongan-2.jpg

YKI sendiri merupakan organisasi nirlaba yang bersifat sosial dan kemanusiaan di bidang kesehatan, khususnya dalam upaya penanggulangan kanker.

Atas dilantiknya secara resmi pengurus baru tersebut, Pak Yes mengucapkan selamat dan sukses. Ia berharap agar kedepanya YKI Lamongan dapat terus melakukan langkah-langkah strategis  dalam operasionalnya.

“Dengan begitu masyarakat di Kabupaten Lamongan bisa semakin faham dan mengerti akan kewaspadaan dini terhadap penyakit atau kanker yang terjadi di Kabupaten Lamongan,” ujar Pak Yes, Bupati Lamongan usai resmi melantik YKI Cabang Lamongan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES