Politik

Pengamat Politik Ini Prediksi Hanya 3 Partai Baru yang Bakal Laris Manis di Pemilu 2024

Selasa, 31 Agustus 2021 - 20:00 | 333.63k
Partai-partai baru jelang Pemilu 2024. (FOTO: IST).
Partai-partai baru jelang Pemilu 2024. (FOTO: IST).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjelang Pemilu 2024 sejumlah partai baru bermunculan. Ada Partai Gelora, Partai Ummat, Partai Masyumi Reborn, Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), hingga Partai Usaha Kecil Menengah atau PUKM. Dan mungkin masih akan ada lagi.

Kemunculan partai-partai baru ini tentu membuat konstelasi politik pada Pemilu 2024 semakin ketat. Dengan asumsi partai-partai ini didirikan untuk berkompetisi dalam pemilu dan memperoleh kursi di lembaga legislatif, kemungkinan hanya akan ada sedikit partai baru yang diprediksi lolos.

"Partai Gelora, Partai Ummat dan Masyumi ini akan membuat konstelasi politik 2024 semaikin ketat. Dari partai baru ini maka tiga partai ini yang bakal laris manis," ucap pegamat politik dari Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie kepada TIMES Indonesia, Selasa (31/8/2021).

Tentu tidak mudah memang. Kata Jerry, partai-partai baru harus mempersiapkan bayak hal, tidak haya infrastruktur partai, tapi juga soal branding polutical and marketing political yang kuat agar mampu lolos ke Parlemen. Jika tidak, mereka bisa disengat partai-partai mainstream.

"Sedangkan mereka saya sebut grassroot party atau partai arus bawah yang belum dikenal. Goal setting, concept and vision (sasaran, konsep dsn visi) mereka harus jelas. Agar bisa diterima publik," jelas Jerry Massie.

Selain itu, goal setting, concept and vision atau sasaran, konsep dan visi partai baru juga harus jelas agar bisa diterima publik. Memang diakui dia, kekuatan keuangan, massa dan jaringan akan mampu membuat partai baru ini bersinar dan berkibar.

"Tinggal mau ke arah moderat, bipartisan, konservatif atau liberal. Partai-partai baru perlu memilih arahnya kemana? Paling penting ideologi tetap Pancasila, NKRI dan UUD 45," jelas pegamat politik dari Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie terkait beberapa partai baru jelang Pemilu 2024. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES