Peristiwa Internasional

Cegah Anak Kecanduan, China Batasi Game Online Hanya Satu Jam

Selasa, 31 Agustus 2021 - 10:07 | 55.37k
Game online (FOTO: BBC/Getty Image)
Game online (FOTO: BBC/Getty Image)

TIMESINDONESIA, JAKARTAChina mengeluarkan regulasi game online, bahwa gamer online di bawah umur 18 tahun akan diizinkan bermain hanya selama satu jam saja.

Pihak berwenang China telah lama khawatir tentang kecanduan game dan aktivitas online berbahaya lainnya di kalangan anak muda.

Beijing tampaknya juga menunjukkan skeptisisme yang berkembang atas perluasan modal dan teknologi, serta dampak yang berpotensi merugikan pada kesejahteraan generasi muda negara itu.

Batasan bermain itupun hanya untuk hari Jumat, akhir pekan dan hari libur.

Seperti dilansir BBC, Administrasi Pers dan Publikasi Nasional mengatakan kepada kantor berita pemerintah Xinhua, bahwa bermain game hanya akan diizinkan antara jam 8 malam hingga jam 9 malam.

China juga menginstruksikan perusahaan game untuk mencegah anak-anak bermain di luar waktu tersebut.

Awal bulan ini, outlet media pemerintah menyebut game online sebagai "candu spiritual".

Pihak regulator juga menegaskan, inspeksi perusahaan game online juga akan ditingkatkan, untuk memeriksa apakah batas waktu sedang dipatuhi.

Aturan sebelumnya telah membatasi bermain game online anak-anak hingga 90 menit per hari, kemudian meningkat menjadi tiga jam pada hari libur.

Sebulan sebelum pembatasan terbaru, sebuah artikel yang diterbitkan oleh Harian Informasi Ekonomi yang dikelola negara mengklaim, banyak remaja telah menjadi kecanduan game online dan itu berdampak negatif pada mereka.

Artikel tersebut mendorong penurunan signifikan dalam nilai saham di beberapa perusahaan game online terbesar di China.

Pada bulan Juli, raksasa game China, Tencent mengumumkan akan meluncurkan pengenalan wajah untuk menghentikan anak-anak bermain antara pukul 22:00 dan 08:00.

Langkah tersebut menyusul kekhawatiran bahwa anak-anak menggunakan ID orang dewasa untuk menghindari aturan. Itulah sebabnya China kemudian mengeluarkan regulasi game online, bahwa gamer online di bawah umur 18 tahun akan diizinkan bermain hanya selama satu jam saja. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES