Pendidikan

Bahas Teknologi Pembelajaran, STAIMA Al Hikam Malang Bahas Perilaku Society 5.0 Dalam Pendidikan

Senin, 30 Agustus 2021 - 15:20 | 75.74k
Seminar daring STAIMA Al Hikam Malang.
Seminar daring STAIMA Al Hikam Malang.

TIMESINDONESIA, MALANGSTAIMA Al Hikam Malang membuat gebrakan menjelang tahun ajaran baru 2021/2022. Kampus yang didirikan KH Hasyim Muzadi ini menggelar Webinar Internasional dengan output prosiding.

Seminar daring ini mengambil tema ”Beyond the New Normal Challenges in The World of Education Towards Society 5.0”. Pembicara seminar menghadirkan pemateri dari Unversiti Tun Hussein Onn Malaysia Prof. Madya Ts. Dr. Razali bin Hassan dan Dr. Siti Marpuah. Ada juga Tommy Tanu Wijaya, PhD Cand (Beijing Normal University), Umi Salamah, M. Pd. I dan Misbahul Munir, M. Pd. I (STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang), dan Dr. Rahmat, MPd I (Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto).

Opening Speech dilakukan oleh Prof Dr Kasuwi Saiban, M. Ag, ketua STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang. Dalam opening speech-nya, Prof Kasuwi menyampaikan terkait sejarah perkembangan revolusi industri 1.0 sampai 4.0.  

Al Quran telah mengisyaratkan hal ini di dalam surat An-Naml ayat 40. “Seorang yang mempunyai ilmu dari Kitab berkata, "Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip."

"Ayat itu menjadi isyarat bahwa perkembangan teknologi akan menjadi secepat mata berkedip. Kita telah merasakan itu sekarang dengan teknologi internet. Masyarakat sudah familiat dengan itu semua. Inilah society 5.0," tutur Kasuwi.

STAIMA Al Hikam Malang b

Sementara, Kaprodi PAI STAIMA Al Hikam Dr (Cd) Umi Salamah MPdI menyampaikan bagaimana harus siap beradaptasi dan melakukan perubahan.

"Waktu terbaik untuk melakukan perubahan adalah ketika dalam kondisi naik, bukan ketika kondisi turun. Bagaimana kita siap untuk melaksanakan itu semua dengan smooth dan smart," ucapnya.

Karenanya, sambung Umi, saat melakukan perubahan perlu bersiap menghadapi resistensi to change (penolakan terhadap perubahan). "Di sinilah perlu komitmen kuat untuk memulai, konsisten menyelesaikan, dan menjalankan prosesnya dengan teduh tanpa gaduh," turur Umi.

Sementara, Prof Madya membahas terkait The Impact of COVID19 Towards Teaching and Learning Will it lead to change in our Teaching Methodology? Ia mengupas secara rinci terkait respon dunia pendidikan dalam proses pembelajaran di era pandemi Covid-19. 

Sedang Siti Marpuah membahas terkait Aplikasi Teknologi Digital untuk Meningkatkan Minat Belajar di Masa Pandemi. Menurut Siti, media pembelajaran yang sangat baik akan mampu membantu proses pembelajaran online terutama di pendidikan dasar.

Sedang Tommy Tanu Wijaya yang konsen terhadap hal-hal yang perlu disiapkan dalam pembelajaran, membahas tentang Refresh, Recharge, Recommit: Preparing to Back School in The New Normal. Dan, pembicara lainnya, Misbahul Munir membahas terkait perkembangan teknologi dikaitkan dengan pembelajaran PAI. Dan, Dr Rahmat lebih berfokus pada mengkajidari sudut pandang kitab.

Acara conference ini akan menjadi gelaran tahunan di STAIMA Al Hikam Malang untuk memfasilitasi dosen, guru dan mahasiswa untuk mengupgrade pengetahuan. Mereka diajak berdiskusi dan membangun jejaring yang saling bersinergi dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES