Politik

PAN Gabung Koalisi, Pengamat: PKS dan Partai Demokrat Sebaiknya Tetap Oposisi

Senin, 30 Agustus 2021 - 15:08 | 37.05k
Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie. (FOTO: Dok. Pribadi for TIMES Indonesia).
Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie. (FOTO: Dok. Pribadi for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pengamat Politik Jerry Massie menyarankan, agar PKS dan Partai Demokrat tetap berada di luar pemerintahan. Itu dia paparkan pasca bergabunganya PAN ke dalam koalisi pemerintah.

Menurutnya, roda pemerintahan ini, perlu ada kelompok yang memposisikan diri sebagai check and balances. Kelompok tersebut jangan sampai ikut-ikutan berada di dalam lingkaran kekuasaan.

"Sebagai penyeimbang, sebaiknya Partai Demokrat dan PKS tetap di luar pemerintahan. Mereka tetap bertindak sebagai oposisi,” ucap Jerry Massie dihubungi TIMES Indonesia, di Jakarta, Senin (30/8/2021).

Sebetulnya, lanjut Jerry, PAN sudah cocok berada di luar jalur kekuasaan. Kekuatan PAN dikombinasi dengan Partai Demokrat dan PKS justru bisa meningkatkan elektabilitas keduanya sebagai partai-partai penyeimbang.

"Apapun roda pemerintahan tetap harus dikontrol. Secara perhitungan politik, memposisikan diri sebagai kontrol pemerintah sulit rasanya jika dilakukan di dalam satu kabinet besar,"  jelasnya.

Sayangnya, kata Jerry, perspektif politik PAN tersebut tidak seperti yang diharapkan. Ini terbukti dengan merapatnya Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan dalam rapat para pimpinan partai koalisi di Istana beberapa waktu yang lalu. "Elektabilitas PAN akan baik jika bertahan pada oposisi," imbuhnya.

Bagi dia, langkah PAN masuk di dalam tubuh koalisi bukan sesuatu hal yang mengagetkan. Namun demikian, pegamat politik dari Political and Public Policy Studies (P3S) ini berharap Partai Demokrat dan PKS tetap bertahan sebagai oposisi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES