Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Beredar Foto Perempuan Afghanistan Tahun 1970

Minggu, 29 Agustus 2021 - 09:23 | 70.59k
Foto yang diklaim berlokasi di Afghanistan pada tahun 1970 beredar di media sosial.
Foto yang diklaim berlokasi di Afghanistan pada tahun 1970 beredar di media sosial.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Foto sejumlah perempuan sedang duduk di luar ruangan sambil memegang buku beredar di media sosial. Lokasinya diklaim ada di Afghanistan pada tahun 1970.

Foto tersebut beredar di media sosial Twitter, diunggah oleh akun @Kramkeaw. Pengguna akun tersebut menyertakan narasi berikut:

#Afghanistan in the past 1970 #อัฟกานิสถาน #ตาลีบัน #Talibans

cek fakta Perempuan Afghanistan 4Sumber: https://perma.cc/9QP9-4FHW

CEK FAKTA

Kami menelusuri foto tersebut dengan menggunakan Reverse Image. Hasilnya, ada banyak situs yang menggunakan foto yang identik. Dan kami menemukan ada dua negara yang disebut, yakni Afghanistan dan Iran.

Selanjutnya, kami memastikan foto tersebut diunggah oleh situs terpercaya. Dan kami menemukan foto serupa pernah diunggah oleh indiatoday.in. India Today adalah majalah berita mingguan berbahasa Inggris India yang diterbitkan oleh Living Media India Limited.(https://www.indiatoday.in/)

Foto tersebut diunggah dalam artikel yang berjudul: Iran bans chess grandmaster Dorsa Derakhshani for not wearing hijab, brother for playing with Israeli. Dalam artikel tersebut, terdapat satu foto yang identik dengan yang diunggah akun Twitter @Kramkeaw. Foto itu diberi keterangan "Another shot from the bygone era of Iran".

cek fakta Perempuan AfghanistanSumber: Iran bans chess grandmaster Dorsa Derakhshani for not wearing hijab, brother for playing with Israeli | India Today

Kami juga menemukan foto yang identik di situs media CNN Turki (cnnturk.com). Foto tersebut dimuat di kanal foto galeri, dan diberi judul: 1979 İslam Devrimi öncesi İran'da günlük yaşam... (terjemahan: Kehidupan sehari-hari di Iran sebelum Revolusi Islam 1979). Diperlihatkan beberapa foto mengenai kondisi di Iran sebelum tahun 1979.

cek fakta Perempuan Afghanistan 2Sumber: 1979 İslam Devrimi öncesi İran'da günlük yaşam... | CNN Turki

Selanjutnya, kami menemukan artikel pemeriksaan fakta terhadap foto tersebut di afp.com. Disebutkan bahwa foto itu merupakan suasana di Tehran University, Iran pada tahun 1971. Foto tersebut pernah dipublikasikan di situs foreignpolicy.com dengan judul artikel “Once Upon a Time in Tehran”. (Once Upon a Time in Tehran | Foreign Policy)

Foto tersebut merupakan milik Kaveh Farrokh yang merupakan sejarawan Iran Kuno dan dipublish dalam situs pribadinya dengan judul “Old Tehran 1960s and 1970s”.

cek fakta Perempuan Afghanistan 3Sumber: This photo has circulated in reports about Iran in the 1970s | Fact Check AFP

KESIMPULAN

Menurut penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, foto yang diklaim sebagai perempuan Afghanistan pada tahun 1970, salah. Foto tersebut bukan di Afghanistan, tetapi di Iran, tepatnya di Tehran University pada tahun 1971. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori Misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES