Peristiwa Internasional

Waktu Evakuasi Hampir Habis, Taliban Kuasai Sebagian Bandara Kabul

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 08:16 | 27.57k
Taliban yang kini menguasai Afganistan. (FOTO: Getty Images/Majid Saeedi)
Taliban yang kini menguasai Afganistan. (FOTO: Getty Images/Majid Saeedi)

TIMESINDONESIA, JAKARTATaliban telah menguasai sebagian bandara Kabul, Afganistan. Hal ini sebagai batas waktu sampai 31 Agustus bagi Amerika Serikat (AS) dan sekutunya untuk menyelesaikan evakuasi.

Penguasaan itu diumumkan langsung oleh salah satu Jubir Taliban. "Hari ini, tiga lokasi penting di bagian militer bandara Kabul dievakuasi oleh Amerika dan berada di bawah kendali Imarah Islam," kata juru bicara Bilal Karimi seperti dilansir AFP, Sabtu (28/8/2021).

"Sekarang, sebagian kecil tetap ada pada Amerika," katanya lagi.

Sebelumnya, Departemen Pertahanan AS (Pentagon) menyampaikan, Taliban tidak mengambil kendali atas operasi apa pun di bandara Kabul setelah adanya laporan bahwa gerakan yang sekarang menjalankan Afganistan telah memasuki fasilitas yang dikendalikan militer AS.

"Mereka tidak bertanggung jawab atas gerbang mana pun, tidak bertanggung jawab atas operasi bandara. Itu masih di bawah kendali militer AS," ujar juru bicara Pentagon, John Kirby.

Seperti yang diketahui, kemarin Kabul Afganistan diterpa teror bom. Kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) Khorasan atau ISIS-K mengklaim bertanggung jawab atas kasus tersebut. Hingga akhirnya, Presiden AS Joe Biden berjanji tak akan tinggal diam atas kelompok itu.

Sementara korban tewas akibat serangan bom itu dilaporkan lebih dari 170 orang. Selain itu ada 200 orang yang terluka. Dilansir CNN, Jumat (27/8/2021) kemarin seorang pejabat Kementerian Kesehatan Masyarakat Afganistan mengatakan ada lebih dari 170 jiwa yang meninggal, bahkan dari kubu Taliban. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES