Peristiwa Internasional

AS Janji Buru Dalang Bom Bunuh Diri di Kabul Afganistan

Jumat, 27 Agustus 2021 - 09:00 | 27.27k
Situasi setelah bom bunuh diri di Kabul Afganistan. (FOTO: AFP)
Situasi setelah bom bunuh diri di Kabul Afganistan. (FOTO: AFP)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden AS Joe Biden menegaskan, pihaknya akan memburu dalang utama bom bunuh diri di Kabul, Afganistan yang menewaskan 60 warga sipil serta 12 marinir AS, serta 140 lainnya terluka. Selain itu, ia juga berjanji pihaknya akan tetap mengevakuasi warga sipil dari Afganistan.

"Kepada mereka yang melakukan serangan ini serta siapa pun yang ingin membahayakan Amerika, ketahuilah ini: Kami tidak akan memaafkan. Kami tidak akan melupakan. Kami akan memburu Anda dan membuat Anda membayarnya," kata Biden, seperti dilansir AFP, Jumat (27/8/2021).

"Kami tidak akan dihalangi oleh teroris. Kami tidak akan membiarkan mereka menghentikan misi kami. Kami akan melanjutkan evakuasi," kata Biden.

Ia juga menduga ISIS akan melancarkan serangan lagi. "Mengetahui ancamannya, mengetahui bahwa kita mungkin akan mendapat serangan lagi," jelasnya.

Biden menambahkan, ia tak melihat adanya bukti kerja sama antara Taliban dengan militan ISIS terkait serangan tak manusiawi itu.

"Sejauh ini tidak ada bukti bahwa adanya informasi telah ada kolusi antara Taliban dan ISIS dalam melakukan apa yang terjadi hari ini," katanya.

Sementara itu, Kepala Komando Pusat Militer AS Jenderal Frank McKenzie juga bersumpah akan memburu pelaku pengeboman tersebut.

"Kami bekerja sangat keras sekarang untuk menentukan tindakan, untuk menentukan siapa yang terkait dengan serangan pengecut ini. Dan kami siap untuk mengambil tindakan terhadap mereka," kata Frank McKenzie.

Aksi teroris tersebut di diketahui sempat terendus intelejen AS dan sekutunya, terbukti Kamis (26/8/2021) dua ledakan kuat terjadi di luar Bandara Kabul, Afganistan menyebabkan 60 warga sipil serta 12 marinir AS meninggal dunia serta 140 lainnya terluka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES