Wisata

Masuk 50 Besar Nasional, Desa Wisata Apar Pariaman Dikunjungi Menparekraf RI

Jumat, 27 Agustus 2021 - 08:15 | 53.77k
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono, S.Stp, M.Si, saat menyerahkan kaos #Ayokepariaman kepada Menparekraf RI, Sandiaga Uno, pada Jumat, 23 April 2021 lalu. (Foto : Disparbud Kota Pariaman)
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono, S.Stp, M.Si, saat menyerahkan kaos #Ayokepariaman kepada Menparekraf RI, Sandiaga Uno, pada Jumat, 23 April 2021 lalu. (Foto : Disparbud Kota Pariaman)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGIDesa Wisata Apar Kota Pariaman, Sumatra Barat mencatat sejarah dengan menjadi 50 Desa Wisata Terbaik Nasional. Buah keberhasilan itu, kota berjuluk The Sunset City of Indonesia untuk kesekian kali dikunjungi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf RI), Sandiaga Uno, Jumat (27/8/2021).

Kedatangan Sandi didampingi Tim Kemenparekraf . Mereka akan meninjau langsung sekaligus melakukan penilaian terhadap desa wisata di Kecamatan Pariaman Utara tersebut.

“Kami sangat bersyukur, dan pencapaian ini adalah motivasi bagi seluruh elemen masyarakat Kota Pariaman,” ucap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman (Kadisparbud Kota Pariaman), Dwi Marhen Yono.

Seperti diketahui, pada Senin, 23 Agustus 2021, lalu Desa Wisata Apar dinobatkan menjadi 50 besar desa wisata terbaik nasional dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, yang digelar Kemenparekraf RI.

Perestasi ini merupakan catatan emas sektor pariwisata Kota Pariaman. Betapa tidak. Karena untuk tampil menjadi 50 besar nasional tidaklah mudah. Namun Desa Wisata Apar harus bersaing dengan peserta lain yang dinyatakan memenuhi syarat. Dan jumlahnya tidak sedikit, sebanyak 1.831 desa wisata dari seluruh Indonesia.

“Alhamdulillah, berkat bimbingan dan arahan Bapak Walikota, Bapak Genius Umar, kerjasama dan kolaborasi seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah), , serta dukungan dari stakeholder pariwisata dan seluruh masyarakat, akhirnya Desa Wisata Apar bisa lolos menjadi 50 besar desa wisata nasional,” ungkapnya.

Suka cita sektor pariwisata Kota Pariaman pun makin lengkap. Dengan dinobatkannya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Apar menjadi Pokdarwis 5 besar terbaik se Provinsi Sumbar. Ajang bergengsi tersebut digelar Dinas Pariwisata Sumbar.

Perlu diketahui, sejak akhir tahun 2020, sektor pariwisata Kota Pariaman, terus mengalami kemajuan. Bahkan ditengah hantaman pandemi Covid-19, sektor ini masih mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Pencapaian tersebut tak lepas dari kerja all out yang dilakukan jajaran Disparbud Kota Pariaman, dibawah komando Dwi Marhen. Dan bicara Dwi Marhen, sejak mengabdi dilingkungan Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur, dia memang sudah bergelut dengan strategi serta inovasi pembangunan sektor pariwisata. Bahkan angkatan 9, Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) (Red sekarang Institut Pemerintahan Dalam Negeri) tahun 1997 ini tercatat sebagai pelopor wisata pedesaan di Bumi Blambangan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES