Olahraga

Jersey Persela Lamongan untuk Liga 1 2021 Kental Nilai-nilai Budaya Lokal

Kamis, 26 Agustus 2021 - 16:12 | 261.87k
Gelandang Persela, Gian Zola memoerlihatkan jersey home Persela untuk Liga 1 2021. (FOTO: Instagram @Perselafc)
Gelandang Persela, Gian Zola memoerlihatkan jersey home Persela untuk Liga 1 2021. (FOTO: Instagram @Perselafc)

TIMESINDONESIA, LAMONGANPersela Lamongan telah merilis jersey terbarunya untuk mengarungi Liga 1 2021. Jersey yang diproduksi apparel Adhoc tersebut begitu kental dengan nilai-nilai kebudayaan setempat.

Jersey home Persela untuk musim ini terlihat berbeda dari beberapa musim sebelumnya. Meski tetap didominasi warna biru muda sebagai warna kebesaran, namun untuk musim ini terdapat kombinasi warna biru navy di bagian lengan dan pundak. Sedangkan musim lalu yang hanya berwarna biru muda.

Gelandang-Persela-Gian-Zola-2.jpg

Selain dari segi warna, perbedaan juga terdapat pada motif yang disematkan pada jersey. Jika pada musim-musim sebelumnya selalu mengangkat tema yang berkaitan dengan tokoh Joko Tingkir, kali ini Persela memilih untuk menyematkan motif batik khas Lamongan.

"Tiga tahun terakhir berturut-turut, 2018, 2019 dan 2020 itu kan kita cuma ngangkat tema Joko Tingkir aja. Kita kan belum pernah mengeksplorasi budaya lokal, belum pernah sama sekali. Nah musim ini kita coba, khususnya yang jersey home, kita angkat kebudayaan daerah," kata Kepala Divisi Bisnis dan Marketing Persela, Rizal Jamhari, Kamis (26/8/2021).

Menurut Rizal, pihaknya memiliki alasan khusus kenapa lebih memilih batik untuk disematkan pada jersey, dari pada kebuyaan lain yang dimiliki Lamongan. "Kan ada bebeapa item kebudayaan Lamongan yang unggul. Nah yang masih selaras dengan fashion sementara ya batik itu," tuturnya.

Gelandang-Persela-Gian-Zola-3.jpg

Motif batik yang dipilih juga tidak sembarangan, karena Rizal menginginkan jersey musim ini memiliki nilai emosional yang tinggi, dengan harapan dapat memberikan motivasi kepada pemain untuk selalu tampil maksimal.

"Batiknya yang kita angkat dari Sendang Duwur Paciran, tapi memang sengaja dalam batik Sendang itu kita kasih bandeng dan lele biar lebih ikonik. Titik poinnya di situ. Kita menempatkan batik di bagian depan dua julur dan sedikit di bagian belakang," ujarnya.

Meski musim ini lebih mengangkat kebudayaan Lamongan, namun nuansa Joko Tingkir masih tetap melekat pada jersey Persela Lamongan untuk Liga 1 2021, dengan keberadaan tiga garis berwarna merah, putih dan hitam di bagian kerah. "Tiga warna adalah warna yang ada dibagian baju perangnya Joko Tingkir," kata Rizal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES