Indonesia Positif

FH Unipma Madiun Adakan Penyuluhan dan Pendampingan Hukum di Bidang Pertanahan

Kamis, 26 Agustus 2021 - 11:40 | 34.95k
Pengabdian Masyarakat penyuluhan dan pendampingan hukum di bidang pertanahan FH Unipma di desa Banjarejo, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri (Foto: Tim Abdimas for Times Indonesia)
Pengabdian Masyarakat penyuluhan dan pendampingan hukum di bidang pertanahan FH Unipma di desa Banjarejo, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri (Foto: Tim Abdimas for Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Sengketa kepemilikan tanah terutama di daerah, masih kerap terjadi, bahkan berujung konflik. Salah satu penyebabnya adalah pendataan kepemilikan tanah yang masih manual dan pengarsipan data pertanahan belum tersistemasi. Sehubungan dengan hal itu, Fakultas Hukum Unipma Madiun bersama Pemerintah Desa Banjarejo, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, mengadakan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan dan pendampingan hukum di bidang pertanahan. Ini membahas sengketa pertanahan dan solusinya. 

Pengabdian itu dilaksanakan oleh Kaprodi Fakultas Hukum, Nizam Zakka Arrizal, S.H., M.Kn., Sekretaris Prodi Hukum, Dimas Pramodya Dwipayana, S.H., M.H., dan Dosen Fakultas Hukum UNIPMA Dr. Sulistya Eviningrum, S.H., M.H. 

Pengabdian Masyarakat unipma

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring pada 14 Agustus 2021 dibuka oleh Dekan Fakultas Hukum Dr. Siska Diana Sari, S.H., M.H. Salam sambutannya, dia mengatakan tanah sangat erat hubungannya dengan kehidupan manusia sehari-hari. "Bahkan dapat dikatakan setiap saat manusia berhubungan dengan tanah, sejak zaman dahulu tanah telah menjadi sumber sengketa bagi manusia,” ujarnya. 

Keberadaan tanah yang jumlahnya tetap (terbatas) mengakibatkan perebutan terhadap hak atas tanah yang dapat memicu terjadinya sengketa tanah yang berkepanjangan, bahkan pemilik tanah rela berkorban apa saja untuk mempertahankan tanah yang dimilikinya. 

Kegiatan pengabdian tersebut direspons baik oleh Muhammad Muslih, Kepala Desa Banjarejo, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri. Dia mengapresiasi terhadap kerjasama pengabdian dosen FH Unipma Madiun. Karena,  telah memeberikan ilmunya di bidang pertanahan terkait sengketa dan solusinya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES