Wisata

Pokdarwis Desa Wisata Apar Kota Pariaman 5 Besar Terbaik se- Sumatra Barat

Kamis, 26 Agustus 2021 - 07:33 | 129.58k
Desa Wisata Apar Kota Pariaman, Sumatra Barat. (Foto : Disparbud Kota Pariaman for TIMES Indonesia)
Desa Wisata Apar Kota Pariaman, Sumatra Barat. (Foto : Disparbud Kota Pariaman for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PARIAMAN – Prestasi gemilang sektor pariwisata kembali mengharumkan Pemkot Pariaman. Kali ini tercetus berkat pencapaian Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Apar yang lolos menjadi 5 besar terbaik se Provinsi Sumatra Barat. Ajang Apresiasi Pokdarwis Sumatra Barat Tahun 2021 ini digelar Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar.

“Alhamdulillah, semoga prestasi demi prestasi ini bisa mendorong kemajuan sektor pariwisata Kota Pariaman,” ucap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman (Kadisparbud Kota Pariaman), Dwi Marhen Yono, Kamis (26/8/2021).

Dan pada hari ini, lanjutnya, tim penilai akan melakukan peninjauan lapangan. Baik untuk berdiskusi dan wawancara dengan Pokdarwis. Melihat inovasi yang dilakukan hingga meninjau dukungan amenitas disekitar lokasi Pokdarwis Desa Wisata Apar, di Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara.

Kota Pariaman b

“Seperti rumah makan, restoran, toko cinderamata, dan fasilitas umum seperti sarana ibadah, kesehatan dan lainnya,” jelasnya.

Keberhasilan Pokdarwis ini semakin mengokohkan Desa Wisata Apar menjadi destinasi jujugan wisatawan nasional dan manca negara. Dimana pada Senin, 23 Agustus 2021, lalu Desa Wisata di kota berjuluk The Sunset City of Indonesia tersebut juga dinobatkan menjadi 50 besar desa wisata terbaik nasional dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, yang digelar Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Berbagai pencapaian ini berkat kerjakeras seluruh elemen masyarakat Kota Pariaman. Berkat bimbingan dan arahan Bapak Walikota Pariaman, Bapak Genius Umar,” cetus Dwi Marhen.

Untuk diketahui, Kadisparbud Kota Pariaman, memang memiliki pengalaman panjang dalam inovasi pengembangan sektor pariwisata daerah. Bahkan, ketika mengabdi di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dia tercatat sebagai pelopor wisata pedesaan. Sebuah program yang memungkinkan setiap desa untuk mengangkat potensi pariwisata masing-masing. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES