Peristiwa Daerah

Festival Majapahit 2021 Digelar, BI Jatim Sebut Ada Platform Menarik untuk Dikunjungi

Rabu, 25 Agustus 2021 - 20:38 | 49.86k
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto dalam acara Festival Majapahit 2021 secara virtual, Rabu (25/8/2021) (Foto: Thaoqid Nur Hidayat/TIMES Indonesia)
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto dalam acara Festival Majapahit 2021 secara virtual, Rabu (25/8/2021) (Foto: Thaoqid Nur Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTOFestival Majapahit 2021 berhasil digelar sebagai bentuk kolaborasi antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur (BI Jatim) bersama dengan Pemerintah Kota Mojokerto.

Agenda yang bertemakan #LocalKerenJatim ini bertujuan untuk menumbuhkan optimisme dan semangat produktif bagi masyarakat Kota Mojokerto dan memperkenalkan Majapahit sebagai warisan budaya di Mojokerto.

Dalam Festival Majapahit 2021 yang digelar secara virtual ini diluncurkan juga platform digital festivalmajapahit.com. Hal ini disampaikan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto.

"Festival Majapahit ini merupakan event yang mengkolaborasi pengetahuan mengenai sejarah Majapahit, budaya Majapahit, barang antik, serta produk unggulan Mojokerto yang ditampilkan Secara apik dalam bentuk platform digital festivalmajapahit.com," jelas Budi dalam sambutan di acara Festival Majapahit 2021, Rabu (25/8/2021).

Platform ini berisikan ulasan sejarah, hingga penampilan produk UMKM Kota Mojokerto yang dikemas dalam bentuk 3D.

"Ulasan sejarah Majapahit mulai dari heritage, bangunan cagar budaya, hingga budaya yang meliputi batik, pusaka, wayang, tari, Terakota, serta yang kedua produk unggulan UMKM Kota Mojokerto yang dikemas dalam 3D virtual bernuansa Majapahit," jelas Budi Hanoto.

Festival-Majapahit-2021-4.pngPamflet digital pergelaran Majapahit Festival 2021. (Dok. TIMES Indonesia)

Budi Hanoto menambahkan di tengah pandemi Covid-19 saat ini memacu kita untuk berubah. Yakni mengembangkan cara-cara baru yang tidak relevan. Hal ini semakin masif dilakukan dengan adanya era disrupsi dan revolusi industri 4.0. Hal ini mengakselerasi kehidupan virtual selaras dengan kehidupan kita sehari-hari.

Festival Majapahit 2021 ini juga mengkampanyekan bangga buatan Indonesia dan Berwisata Indonesia Aja. Oleh sebab itu, Majapahit yang notabene berada dalam kawasan Mojokerto merupakan potensi yang cukup besar dalam sektor pariwisata.

"Mojokerto di Jawa Timur merupakan pusat pemerintahan kerajaan Majapahit. Hal ini didukung adanya berbagai peninggalan sejarah. Dengan demikian kota Mojokerto memiliki potensi pariwisata yang dapat menyumbang PAD yang cukup besar," jelas Budi.

Di akhir sambutan, Budi Hanoto menyampaikan tujuan utama dari program prioritas BI Provinsi Jawa Timur ini. "Dapat menumbuhkan optimisme dan  juga semangat untuk tetap produktif bagi masyarakat Kota Mojokerto," pungkasnya.

Hadir dalam Festival Majapahit 2021 ini yakni Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Anggota DPR RI Komisi 11 Indah Kurnia, Deputi bidang produk wisata dan penyelenggara kegiatan Menparekraf RI, Rizky Handayani. Kemudian Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, Budayawan Sujiwo Tejo, Sejarawan Prof. Agus Aris M, Penata Tari Eko Supriyanto, Fashion Desainer Dianita Putri, Sejarawan Adrian P. S.Hum, M.A, dan jajaran BI Jatim yang lain.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES